Warga Cisewu Garut Kecewa Ustaz Solmed Batal Isi Ceramah

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 17:42 WIB
Lokasi acara pengajian Ustaz Solmed di Cisewu
Lokasi acara pengajian Ustaz Solmed di Cisewu (Foto: Istimewa).
Garut -

Kasus 'pengajian batal' yang menyeret Ustaz Solmed kini ramai dibahas. Ustaz Solmed mempolisikan Ustaz Suwarna lantaran dianggap mencemarkan nama baiknya.

Pengajian itu tadinya akan digelar di Kampung Cisamak, Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Garut hari Minggu (26/9) malam.

Camat Cisewu Heri membenarkan hal tersebut. Heri menyebut ada pemberitahuan yang diterima pihaknya dari panitia penyelenggara acara.

"Acaranya hari Minggu malam Senin. Kami mendapatkan pemberitahuan 6 jam sebelum kegiatan," ujar Heri saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (7/10/2021).

Pengajian itu batal dan kini berujung panjang lantaran Ustaz Solmed yang sebelumnya dijadwalkan mengisi acara, batal hadir.

Ustaz Suwarna sebagai penghubung antara panitia dengan Ustaz Solmed merasa terdesak saat itu lantaran batalnya kehadiran Ustaz Solmed. Dia bahkan merasa terancam karena massa marah.

Heri menjelaskan, sempat ada ketegangan saat acara batal dilakukan. Sebab, masyarakat yang menunggu Ustaz Solmed sejak sore merasa kecewa.

"Sempat ada ketegangan karena masyarakat merasa kecewa. Tapi kami pastikan tidak ada tindakan anarkis apalagi pengerusakan," katanya.

Heri mengatakan, saat itu, petugas yang berada di lokasi langsung mengamankan Ustaz Suwarna dari amuk massa. Saat ini, situasi di lokasi sudah kondusif.

"Kerugian warga sudah dikembalikan oleh Ustaz Suwarna ini. Hanya saja warga masih kecewa kenapa Ustaz Solmed tak jadi datang," ujar Heri.

(mso/mso)