ADVERTISEMENT

Tim Penyelam Kembali Cari Korban Tenggelam di Situ Batukarut Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 12:32 WIB
Tim penyelam kembali mencari remaja tenggelam di Situ Batukarut
Tim penyelam kembali mencari remaja tenggelam di Situ Batukarut (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Puluhan personel SAR gabungan kembali dikerahkan mencari Ramdan Ridwansyah (18) korban tenggelam di Situ Batukarut, Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja pada Minggu (3/10). Tim SAR membagi tiga tim pencarian, secara visual, perahu karet dan tim penyelam.

Untuk tim perahu karet rencananya akan menyisir area Situ Batukarut dengan radius kurang lebih 200 meter dari lokasi kejadian, lalu tim kedua akan melakukan pencarian melalui jalur darat dengan pengamatan secara visual menyisir bantaran danau hingga radius 600 meter dari lokasi kejadian, dan tim ketiga akan melakukan penyelaman dengan kedalaman 5 hingga 7 meter dengan radius 10 meter dari lokasi kejadian.

"Pencarian kedua ini kami bagi menjadi tiga Search and Rescue Unit (SRU) menggunakan rubber boat atau perahu karet, lalu pencarian secara visual sejauh 200 meter dan menurunkan tim penyelam yang akan masuk hingga kedalaman 5 sampai 7 meter dengan radius 10 meter dari lokasi kejadian," kata Suryo Adiyanto, Koordinator Pos SAR Basarnas Sukabumi, Senin (4/10/2021).

Menurut Suryo cuaca di lokasi kejadian hari ini mendukung aktiivitas pencarian. Belasan organisasi relawan juga turut dilibatkan termasuk dari TNI-Polri,

"Cuaca bagus, hambatan tim penyelam adalah kondisi air yang dingin dan adanya pintu air yang ketika dibuka mengakibatkan arus bawah yang cukup kuat dan mengganggu aktivitas penyelaman," jelas Suryo.

Diketahui sebelumnya, korban Ramdan Ridwansyah (18) tenggelam pada minggu (3/10) sekitar pukul 11.00 WIB di Danau Batu Karut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Korban pada saat itu sedang berenang di danau tersebut hingga akhirnya mengalami keram kaki dan tenggelam.

(sya/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT