Sekdes Pamer Miras Saat Live FB, DPRD Pandeglang: Harus Dipecat!

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 16:53 WIB
Ilustrasi kasus miras oplosan
Ilustrasi miras (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Pandeglang -

DPRD Pandeglang turut menyoroti ulah oknum sekretaris desa berinisial JRK yang terang-terangan memamerkan botol minuman keras (miras) secara live lewat Facebook. DPRD meminta oknum tersebut ditindak tegas.

"Itu sikap buruk yang ditonjolkan aparatur desa, apalagi jabatannya sebagai sekdes. Jelas ini sikap yang tak terpuji, dia harus diproses sesuai aturan, bahkan kalau bisa dipecat saja secara tidak hormat," kata Ketua Komisi I DPRD Pandeglang Endang Somantri yang membidangi pemerintahan saat dihubungi di Pandeglang, Banten, Selasa (28/9/2021).

Politisi Demokrat ini menilai ulah oknum sekdes tersebut tak patut untuk dicontoh masyarakat. Sebab seharusnya, kata dia, sebagai pejabat publik perlu memberikan teladan bagi warga di lingkungannya.

"Harusnya menjadi contoh bagi masyarakatnya, ini malah memberikan contoh buruk yang tak terpuji. Intinya yang jelas, dia harus dipecat. Enggak ada toleransi lagi karena di agama kita juga itu (konsumsi miras) jelas dilarang," ujar Endang.

Dalam waktu dekat, Komisi I DPRD Pandeglang bakal memanggil pihak kecamatan dan desa untuk meminta klarifikasi mengenai persoalan tersebut. Ia mendesak Pemkab Pandeglang tak mengabaikan masalah ini.

"Nanti mau kami panggil buat klarifikasi. Kami tidak menginginkan persoalan ini diabaikan, harus ada tindakan serius karena memang persoalannya juga sudah fatal," tutur Endang.

Usai videonya viral di media sosial, oknum sekdes tersebut akhirnya mau buka suara. JRK pun menepis tudingan tersebut dan mengaku saat itu hanya sedang latihan menyanyi dengan berkaraoke di rumah pribadinya.

"Saya enggak minum. Waktu itu saya cuma lagi latihan nyanyi karaoke di rumah," kata JRK di Pandeglang, Banten, Selasa (28/9/2021).

JRK mengklaim, saat asyik karaoke, kedua rekannya datang ke rumah. Saat mereka tiba, JRK baru menyadari kedua orang ini membawa beberapa botol miras yang akhirnya terekam dalam kamera dan disiarkan langsung di akun Facebook miliknya @Zhe Mocha.

"Pas saya bikin live, tiba-tiba ada teman ke rumah dua orang. Secara kan kita teman, mau ditolak datang ke rumah gimana? Memang di rumah mereka minum, tapi saya enggak. Itu pun di rumah saya enggak niat sorot minuman itu, karena memang saya enggak minum," tutur JRK menegaskan.

(bbn/bbn)