2 Ormas Bentrok di Perbatasan Cianjur-Sukabumi, Satu Orang Tewas

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 18:55 WIB
Polisi melakukan pengamanan di lokasi bentrokan 2 ormas di perbatasan Cianjur-Sukabumi.
Foto: Polisi melakukan pengamanan di lokasi bentrokan 2 ormas di perbatasan Cianjur-Sukabumi (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Dua Organisasi Masyarakat (Ormas) yakni Pemuda Pancasila dan BPKB terlibat bentrokan di perbatasan Cianjur-Sukabumi tepatnya di Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong Cianjur, Minggu (26/9/2021) sore. Akibatnya satu orang meninggal dunia.

Informasi yang dihimpun, bentrokan terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Massa dari kedua Ormas bentrok dengan membawa senjata tajam. Bahkan markas BPPKB di perbatasan Cianjur-Sukabumi pun hangus terbakar.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan bentrokan Ormas PP dan BPPKB di Cianjur merupakan buntut dari bentrokan sebelumnya di Sumedang.

"Bentrokan fisik antara dua Ormas terjadi tadi sore. Dipicu kejadian di Sumedang. Kalau di Cianjur tidak ada konflik, tapi ini adalah imbas dari kejadian di Sumedang," ujar dia saat ditemui di lokasi kejadian, Minggu (26/9/2021).

Doni mengatakan bentrokan tersebut mengakibatkan seorang anggota Ormas Pemuda Pancasila meninggal dunia. "Satu orang meninggal dunia dari Ormas PP. Selain itu, dari kedua pihak juga ada beberapa orang yang mengalami luka," tuturnya.

Pihaknya mengaku sudah mengamankan sejumlah barang bukti, berupa senjata tajam hingga sepeda motor anggota ormas yang terlibat bentrok. Polisi pun melalukan penyelidikan lebih lanjut untuk menangkap pelaku yang mengakibatkan korban jiwa.

"Barang bukti kita amankan, sejumlah saksi juga kita mintai keterangan. Kita akan proses lebih lanjut, baik pelaku yang mengakibatkan korban jiwa ataupun yang mengakibatkan korban luka," ucapnya.

Sekadar diketahui, bentrokan ormas di perbatasan Cianjur-Sukabumi bukan yang pertama. Pada Januari 2020 lalu, bentrokan antaran Ormas BPPKB dengan salah satu Ormas terjadi. Bentrokan tersebut berujung pengerahan massa akibat adanya korban luka dari kedua belah pihak.

Simak juga 'Bentrokan Pecah di Unkris Bekasi, Diduga Antarkelompok Ormas':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)