Ketua RW Gowes Rute Bandung-Sulawesi, Bawa Misi Apa?

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 16:19 WIB
Ketua RW Gowes Rute Bandung-Sulawesi
Heru Pakusujanto (Foto: istimewa)
Bandung -

Ketua RW 01 Kelurahan Antapani Tengah, Heru Pakusujanto, punya cara tak biasa dalam menyambut HUT ke-211 Kota Bandung. Ia bersepeda dari Bandung ke Sulawesi. Bawa misi apa?

Heru berangkat seorang diri pada 20 September lalu. Ia menempuh perjalanan dari Bandung ke Jakarta, kemudian meneruskan perjalanan lewat jalur udara. Di Sulawesi, Heru memulainya dari Makassar. Di sana ia diterima Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto untuk berkeliling kota.

Kemudian melanjutkan perjalanan sejauh 156 KM ke Tana Toraja. Di sana , Heru menemui sejumlah komunitas adat setempat, sambil bercerita mengenai Bandung dan isu-isu lingkungan lainnya. Heru juga menjejalah ke Parepare hingga Mamuju, di berbagai kesempatan ia berbagi kisah dengan kelompok nelayan dan komunitas sepeda.

"Jadi misi saya adalah sesuai dengan amanah dari pak walikota dan ketua DPRD, adalah menyampaikan kebaikan Kota Bandung. Program-program yang sudah ada kita sampaikan, disiplin berlalu lintas. Karena kalau di Sulawesi masih banyak yang belum jalan, seperti jalur sepeda ya kita sebarkan," ujar Heru saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/9/2021).

Di antara program yang disampaikan Heru kepada pemerintah setempat ialah program 'Kang Pisman', yakni cara untuk memilah sampah. Kemudian biopori untuk memanen air hujan, berikut mapag hujan secara gotong royong jelang musim penghujan.

"Yang sudah jelas saya ingin menyampaikan Bandung Masagi yakni mengutamakan gotong royong dalam menghadapi masalah," ujar Heru.

Mengayuh sepeda keliling Sulawesi dari Bandung tentu bukanlah hal yang mudah. Heru pun menemui sejumlah kendala, terutama masalah iklim yang cenderung lebih panas dibandingkan dengan di Bandung.

"Kendala yang utama karena daerah pantai yang jelas panas, panas sekali luar biasa, terus kedua angin pantai dan yang ketiga debu. Terus melawan kendaraan-kendaraan, di Sulawesi ini di trans poros dari Makassar ke Manado. Jalannya memang mulus, oleh karena itu kendaraan banyak yang melaju sangat kencang di sini," tutur Heru.

Heru akan melanjutkan perjalanan ke Palu dan Gorontalo. "Di sana rencananya bertemu dengan gubernur Gorontalo dan DPRD Gorontalo, tapi ya intinya menebarkan kebaikan di Kota Bandung, semoga menginspirasi," ujar Heru.

(yum/bbn)