Tak Kuat Menanjak, Truk Sampah DLH Bandung Barat Terguling di Lembang

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 11:25 WIB
Truk sampah terguling di Lembang akibat tak kuat menanjak
Truk sampah terguling di Lembang akibat tak kuat menanjak (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat -

Satu unit truk pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terguling di Jalan Kolonel Masturi, tepatnya Kampung Karamat, Desa Cikahuripan, Lembang, pada Jumat (24/9/2021).

Truk berwarna kuning dengan nomor polisi D 8261 TF itu terguling di jalan yang memiliki kontur menanjak dan berkelok tersebut pada pukul 04.30 WIB usai mengangkut sampah dari wilayah Kecamatan Lembang.

Diki Rustandi (20), pengemudi truk nahas tersebut menceritakan kronologis kejadian yang dialaminya. Saat itu ia hendak menuju ke TPSA Sarimukti, Cipatat, KBB untuk membuang sampah yang diangkutnya seperti hari-hari sebelumnya.

Saat tiba di lokasi kejadian dalam keadaan menanjak dengan kecepatan pelan, Diki mengatakan ia gagal mengoper kecepatan kendaraan sehingga selip sampai akhirnya mundur lagi.

"Lagi perjalanan ke Cipatat (TPSA Sarimukti) dari Lembang. Pas nanjak itu mau oper gigi tapi enggak masuk, akhirnya mundur lagi karena posisi tepat di tanjakan," ungkap Diki kepada wartawan.

Saat mundur ia lantas membanting kemudi ke arah kiri lantaran di belakang truknya ada motor. Akhirnya truk berhenti setelah menghantam tiang listrik dan dinding pembatas jurang di sepanjang lokasi kejadian.

"Di belakang ada motor jadi saya banting setir ke arah kiri. Kalau enggak ya nabrak motornya. Cuma motor aja, kalau mobil enggak ada karena kebetulan lumayan sepi jalannya," terang Diki.

Ia menyebut kecelakaan tersebut murni karena kegagalannya mengoper kecepatan truk bukan karena truk kelebihan beban sampah yang diangkut. Apalagi hampir setiap hari ia melalui jalan tersebut untuk mengangkut sampah dari Lembang ke TPSA Sarimukti.

"Kalau muatan normal, jadi memang karena oper giginya gagal. Setiap hari lewat sini, sudah 8 bulan jadi sopir truk sampah DLH KBB. Alhamdulillah enggak ada yang luka," jelas Diki.

Saat ini proses evakuasi truk terguling tersebut masih berlangsung. Evakuasi dilakukan menggunakan truk derek milik Satlantas Polres Cimahi dibantu relawan dan warga setempat.

(mud/mud)