Kejar Target, 4 Tempat Wisata di Bandung Barat Jadi Lokasi Vaksinasi

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 14:54 WIB
The organs of the central nervous system (brain and spinal cord) are covered by 3 connective tissue layers collectively called the meninges.
Foto: Ilustrasi (thinkstock).
Bandung Barat -

Empat objek wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi lokasi baru pelaksanaan kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk semua kategori dengan tajuk wisata vaksin yang digelar pada akhir pekan ini.

Empat objek wisata tersebut antara lain The Lodge Maribaya dan Dago Dream Park yang akan dibantu oleh Puskesmas Cibodas. Lalu objek wisata Floating Market oleh Puskesmas Lembang, serta terakhir Orchid Forest oleh Puskesmas Cikole.

Sebelumnya wisata vaksin sendiri telah berjalan di objek wisata Dusun Bambu sepekan lalu. Ada 5 ribu sasaran vaksinasi dari kategori masyarakat umum, tenaga kesehatan, hingga pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat Heri Partomo mengatakan wisata vaksin sendiri dilakukan agar target vaksinasi dosis I mencapai 50 persen di akhir bulan September mendatang bisa tercapai.

"Kita fokus dulu kepelaksanaan wisata vaksinasi untuk mengejar target 50 persen. Ada empat lokus wisata baru selain yang sudah berjalan di Dusun Bambu," ungkap Heri kepada detikcom, Kamis (23/9/2021).

Jika wisata vaksinasi terus berjalan maka target 50 persen capaian vaksinasi dosis I di KBB bisa selesai pada akhir September. Sehingga Bandung Barat bisa turun ke pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

"Jadi kan syarat untuk turun ke Level 2 itu vaksinasi dosis I-nya harus 50 persen dulu. Makanya kita kejar itu, baru nanti objek wisata juga bisa lebih banyak lagi yang buka," jelasnya.

Saat ini objek wisata di Bandung Barat yang sudah diizinkan beroperasi lagi di tengah PPKM Level 3 yakni hanya The Lodge Maribaya. Pihaknya berharap jumlah wisata yang diizinkan buka bisa bertambah.

"Target kita kan ke situ, kalau kasus terus menurun dan momentum bisa terjaga, objek wisata yang boleh buka mudah-mudahan bisa bertambah. Karena sekarang baru satu, kita akan lihat situasi dan terus kaji kemungkinannya," jelas Heri.

Sementara itu Camat Lembang H Herman Permadi mengatakan pihaknya menargetkan vaksinasi di Lembang yang turut melibatkan objek wisata bisa selesai pada akhir September.

"Targetnya September bisa 50 persen. Bahkan di awal Oktober harapannya (kecamatan) Lembang bisa mencapai herd immunity. Meskipun target awal itu di Desember," kata Herman.

Ia menjelaskan jika pelaksanaan vaksinasi di objek wisata juga bisa menjadi salah satu sarana promosi bagi objek wisata yang selama ini masih belum beroperasi.

"Itu juga jadi ajang promosi, karena kan pengunjung bisa ikut vaksinasi terus berjalan-jalan setelahnya," kata Herman.

(mso/mso)