Diserbu Warga, Acara Adat Desa Nunuk Baru Majalengka Timbulkan Kerumunan

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 14:24 WIB
Kerumunan di Majalengka
Foto: Kerumunan di Majalengka (Bima Bagaskara/detikcom).
Majalengka -

Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka menyelenggarakan acara adat menyambut hari jadi yang ke-550. Sayangnya acara adat ini menimbulkan kerumunan karena dihadiri oleh ratusan orang.

Pantauan detikcom, Kamis (23/9/2021), acara adat di Desa Nunuk Baru diselenggarakan di kantor kepala desa. Warga tumpah ruah menyaksikan serangkaian acara yang diselenggarakan oleh pemerintah desa setempat.

Warga yang antusias memadati semua lokasi acara adat mulai dari area penyiraman benda pusaka dan kegiatan gelar budaya. Tidak hanya itu, kerumunan juga terjadi saat jajanan dan hasil bumi Desa Nunuk Baru yang sengaja disediakan, dibagikan kepada warga yang hadir.

Warga saling berebut untuk mendapatkan jajanan dan hasil bumi seperti buah, umbi-umbian, nasi tumpeng dan sayuran. Padahal petugas keamanan di lokasi telah menyerukan warga untuk menjaga protokol kesehatan. Namun upaya tersebut tidak diindahkan.

Ganjar salah seorang warga yang berada di lokasi menuturkan, dirinya sengaja datang untuk ikut menyaksikan acara hari jadi Desa Nunuk Baru. Kata Ganjar, acara serupa selalu digelar tiap tahunnya.

"Ikut memeriahkan hari jadi desa Nunuk Baru. Ini warga menyediakan jajanan dan hasil bumi yang dibagikan gratis, boleh ambil sesukanya. Ini tradisi tiap tahun. Saya dapat singkong paling besar ini," ucap Ganjar.

Sementara itu, Kepala Desa Nunuk Baru Nono Sutrisno menjelaskan banyaknya warga yang hadir dalam acara adat ini menandakan besarnya dukungan warga agar kebudayaan di Desa Nunuk Baru terus dilestarikan.

"Antusias warga artinya mereka sangat mendukung dengan kebudayaan di Desa Nunuk Baru ini," jelas Nono.

Menurutnya dalam acara adat menyambut hari jadi Desa Nunuk Baru ke-550, serangkaian kegiatan yang sudah menjadi tradisi memang sengaja digelar. Ia beralasan, hal tersebut demi kelestarian budaya yang ada di Desa Nunuk Baru.

"Ada kegiatan gelar budaya, penyiraman pusaka, ada guar bumi, kemudian ada kerajinan tenun gadod dan ada warung amal yang menyediakan beragam jajanan dan hasil bumi. Kami akan terus menjaga budaya di Nunuk Baru," ujarnya.

(mso/mso)