IPB Berencana Gelar Kuliah Tatap Muka Oktober 2021

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 18:45 WIB
Mahasiswa dan Masyarakat Jalani Vakainasi di Kampus IPB Dramaga Bogor
Foto: Mahasiswa dan Masyarakat Jalani Vakainasi di Kampus IPB Dramaga Bogor (M. Sholihin/detikcom).
Bogor -

Rektor IPB Arif Satria mengatakan proses perkuliahan tatap muka secara bertahap akan dimulai pada Oktober 2021. Saat ini tahapan persiapan termasuk vaksinasi tenaga pendidik dan mahasiswa masih terus digencarkan.

"Saya kira karena Pak Menteri sudah menghimbau agar kita segera melakukan proses perkuliahan tatap muka, maka secara bertahap dimulai Oktober, memang sebagian kampus sudah ada beberapa yang sudah memulai, kalau kita (IPB) sekarang masih tahap persiapan," kata Arif ditemui usai mendampingi Presiden Jokowi meninjau Vaksinasi Merdeka di Kampus IPB, Rabu (22/9/2021).

"Pada saat yang sama, vaksinasi gencar kita lakukan kepada dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa. Sekarang tinggal bagaimana meningkatkan jumlah mahasiswa yang bisa masuk kampus untuk mengikuti kegiatan praktikum di laboratorium karena memang sangat sulit dilakukan secara online," tambahnya.

Arif mengatakan hari ini ribuan mahasiswa IPB mengikuti vaksinasi merdeka yang digelar TNI-Polri di kampus IPB Dramaga Bogor. Proses vaksinasi yang sempat ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ini, juga digelar secara serentak di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

"Alhamdulillah pada hari ini kita bekerjasama dengan Polri, melakukan vaksinasi untuk masyarakat dan mahasiswa, hari ini sebanyak 10.000 orang yang ikut vaksin. Pada saat yang sama, hari ini serentak di 30 provinsi, di 96 titik, dengan jumlah vaksin sebanyak 253 ribu vaksin se-Indonesia," ungkap Arif.

"Hari ini terlibat 66 kampus, jadi dari 96 titik di 30 provinsi yang melakukan vaksinasi merdeka hari ini, 66 titik diantaranya dilaksanakan di perguruan tinggi," tambahnya.

Dia mengaku sangat mendukung program vaksinasi merdeka yang digelar TNI Polri hari ini. Karena turut mendorong terwujudnya rencana perkuliahan tatap muka Oktober nanti. IPB juga siap bekerjasama untuk proses percepatan vaksinasi.

"Di IPB proses vaksinasi dihadiri Pak Presiden Jokowi dan Bapak Kapolri. Dan pada saat ini alhamdulillah, vaksinasi ini jadi hal yang sangat penting sekali, agar menjadi tahapan persiapan juga bagi mahasiswa menghadapi perkuliahan tatap muka yang InsyaAllah kita mulai pada bulan Oktober," ujar Arif.

(mso/mso)