Bacok Pemotor, 7 Anggota Geng Sky Blue di Bogor Ditangkap

M Solihin - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 16:31 WIB
7 remaja ditangkap karena membegal pemotong di Bogor
7 remaja ditangkap karena membegal pemotong di Bogor (Foto: M Solihin)
Bogor -

"Kita amankan 7 pelaku begal, 1 diantaranya adalah wanita. Ini kasus begal yang terjadi di Jalan Ir Juanda, Kota Bogor, pada 8 Agustus lalu. Total pelaku yang terlibat ada 10 orang, 7 kita amankan termasuk yang wanita ini, 3 orang lagi masih DPO," kata Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota AKP Dhoni Erwanto saat menggelar rilis pelaku kejahatan jalanan di teras Mall BTM Bogor, Rabu (22/9/2021).

Pencurian dengan kekerasan yang dilakukan Chaca dan rekan-rekannya terjadi ketika korban berinisial AM (21) tengah membonceng 2 rekannya dan melintas di Jalan Raya Empang. Korban yang sedang berbonceng tiga itu dikejar para pelaku sambil mengacungkan senjata tajam.

"Saat dikejar itu, korban yang duduk paling belakang sempat terkena sabetan senjata tajam," kata Dhoni.

Karena panik, korban kemudian menghentikan motornya di sekitar Jalan Ir Juanda dan mencoba kabur ke pemukiman warga. Naas, korban AM terjatuh dan langsung menjadi sasaran senjata tajam para pelaku.

"Pada malam kejadian, kelompok remaja ini berkeliling dan ketemu lah korban yang sedang berbonceng 3. Modus mereka mengejar dan memepet korban. Kemudian menganiaya 1 orang yang tidak sempat kabur, para pelaku ini juga membawa motor korban," jelas Dhoni.

"Korban sempat dianiaya, korban alami luka berat, luka bacok di punggung dan tangan. Jadi korban luka ada 2 orang," imbuhnya.

Saat kejadian, kata Dhoni, wanita berinisial IZ alias Caca, mempunyai peran sebagai joki yang membonceng pelaku lainnya.

"Ada satu wanita yang kita amankan, perannya sebagai joki atau pembawa motor. Dia membonceng salah satu pelaku lainnya," kata Dhoni.

Dhoni menyebut, kelompok remaja yang menamakan diri sebagai "Geng Sky Blue" tersebut merupakan kelompok remaja (geng tongkrongan) yang kerap berkumpul di Jalan Suryakencana Kota Bogor.

Kelompok ini, kata Dhoni, kerap berkeliling di Kota Bogor sambil membawa senjata tajam dan mencari lawan tauran.

Dhoni menambahkan, 7 remaja tersebut merupakan 7 dari 15 orang yang diamankan selama pertengahan Agustus hingga pertengahan September 2021. Beberapa orang juga diamankan polisi karena diduga hendak tauran.

"Jadi selama 4 pekan ini kami amankan 15 tersangka dengan 8 TKP. Dari 8 TKP kami tetapkan 15 tersangka, 8 masih di bawah umur. Barang buktinya, 34 senjata tajam. Hampir keseluruhan ini adalah kelompok yang akan tauran," kata Dhoni.

(mud/mud)