Bioskop di Sumedang Buka, Bagaimana Geliat Pengunjungnya?

Nur Azis - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 19:16 WIB
Bioskop di Sumedang
Suasana bioskop di Sumedang. (Foto: Nur Azis/detikcom)
Sumedang -

Geliat pengunjung bioskop di Kabupaten Sumedang mulai terlihat. Terlebih dengan adanya kebijakan PPKM Level 3 terbaru, yakni pengunjung yang baru mendapatkan vaksin dosis satu dapat mengakses area bioskop dengan menunjukkan bukti melalui aplikasi PeduliLindungi.

Kebijakan PPKM level 3 terbaru yang dimulai dari 21 September hingga 4 Oktober 2021, memberlakukan beberapa kelonggaran salah satunya bagi sarana bioskop. Sebelumnya, area bioskop hanya dapat diakses oleh pengunjung kategori hijau (vaksin dosis 1 dan 2). Namun saat ini, pengunjung dengan kategori kuning (vaksin dosis satu) pun bisa mengakses area bioskop.

Dari pantauan detikcom di gedung bioskop XXI Plaza Asia Sumedang, Selasa (21/9/2021) sore, meski jauh jika dibanding pada saat normal, beberapa pengunjung sudah tampak terlihat memasuki area bioskop. Sebelum memasuki area bioskop, pengunjung dicek suhu tubuh oleh seorang satpam. Kemudian pengunjung menunjukkan status sudah divaksinasi pada aplikasi PeduliLindungi di telepon genggamnya.

Sekedar diketahui, jumlah bioskop di Sumedang hanya ada dua, yakni Biskop XXI Plaza Asia Mal dan Bioskop XXI di Jatinangor Town Square (Jatos). General Manager (GM) Plaza Asia Sumedang Buddy Indrasakti menuturkan meski masih sangat jauh dibandingkan sebelum masa diberlakukan kebijakan PPKM, jumlah pengunjung mal sedikit demi sedikit sudah mulai terlihat.

"Kalau peningkatannya, secara maksimal belum maksimal jika dibandingkan sebelum ada PPKM tapi sekarang ada peningkatan sekitar 20 persen dari yang awalnya sepi sama sekali," ujar Buddy saat ditemui detikcom, Selasa (21/9/2021).

Buddy mengatakan geliat pengunjung mal mulai terlihat apalagi setelah adanya pelonggaran dengan boleh dibukanya gedung bioskop. Ditambah kebijakan saat ini dimana bioskop dapat juga diakses oleh pengunjung yang baru mendapatkan vaksin dosis 1.

"Kalau sebelumnya kan hanya pengunjung kategori hijau saja, tapi kalau sekarang pengunjung kategori kuning juga bisa masuk," katanya.

Dari pengamatannya, lanjut Buddy, meski jauh dari target, jumlah pengunjung yang dibatasi hanya sampai 50 persen dari jumlah kursi, saat ini pengunjung sudah mencapai 10 sampai 20 persen dari target tersebut.

"Ya lumayanlah pengunjung bioskop sudah mulai terlihat," katanya.

Kendati begitu, menurut Buddy, pihaknya tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. Mulai dari wajib memakai masker, skrining pengunjung, cek suhu dan menunjukkan aplikasi PeduliLindungi.

"Kita upayakan terus untuk menjaga prokes di lingkungan mal sambil kita juga melakukan sosialisasi kepada para pengunjung," ucap Buddy.

(bbn/bbn)