Dor! Polisi Lumpuhkan Kawanan Begal Todongkan Sajam di Lebak

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 14:01 WIB
Ilustrasi Begal
(Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo)
Lebak -

Polisi menangkap tiga kawanan begal yaitu Edo (29), Maulana (21) dan M. Debi (24) yang kerap beraksi di sekitar Kota Rangkasbitung, Lebak, Banten. Dua pelaku di antaranya terpaksa ditembak lantaran melakukan perlawanan saat dibekuk petugas.

"Kedua pelaku ini kami beri tindakan tegas karena berusaha melarikan diri," kata Kasatreskrim Polres Lebak AKP Indik Rusmono saat dikonfirmasi wartawan di Lebak, Banten, Selasa (21/9/2021).

Ketiga pelaku ditangkap setelah melakukan aksi pembegalan terhadap dua mahasiswa yang sedang melintas di wilayah Rangkasbitung pada Sabtu (18/9/2021) dini hari. Saat melancarkan aksinya, mereka bahkan tak segan mengeluarkan golok untuk mengancam korban.

Selain tiga kawanan ini, polisi ikut mengamankan seorang penadah bernama Suhendi (36). Kawanan begal ini pun kerap menjual motor hasil rampasannya kepada Suhendi.

"Otak yang merencanakan aksi begal ini pelaku E. Dia merupakan residivis yang sering melakukan aksi pembegalan di wilayah Rangkasbitung terus menjualnya kepada S," terang Indik.

Dari tangan para pelaku, polisi menyita barang bukti satu unit motor, dua laptop dan sebilah golok. Mereka pun diancam Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan.

"Ancaman hukumannya 9 tahun. Kalau pelaku S diancam Pasal 480 KUHP tentang Penadahan dengan ancaman 4 tahun penjara," pungkasnya.

Lihat juga video 'Tukang Ojek Dibegal di Sukabumi, Korban Ditusuk 13 Kali':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)