Kebut Pembangunan GCC, Pemkab Sumedang Siapkan Rp 10 M

Nur Azis - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 12:14 WIB
Pembangunan Gedung Creative Center Sumedang
Foto: Pembangunan Gedung Creative Center Sumedang (Nur Azis/detikcom).
Sumedang -

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sumedang kembali menggelontorkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk pembangunan Gedung Creative Center (GCC) tahap dua di tahun anggaran 2021. GCC sendiri ditargetkan selesai tahun 2022.

Kepala Dinas Perkim Gungun Ahmad Nugraha menjelaskan pembangunan GCC tahap dua tahun anggaran 2021 lebih difokuskan kepada pembangunan manajemen ruangan dari pembangunan sebelumnya berupa pembangunan struktur bangunan.

"Pembangunan tahap pertama kan pembangunan struktur gedung sudah kita laksanakan, nah untuk tahap dua pembangunan manajemen ruangan, mempercantik ruangan, tapi itu pun nanti belum selesai semua," ungkap Gungun saat dihubungi detikcom, Selasa (21/9/20210).

Gungun mengatakan pembangunan GCC dilaksanakan dalam tiga kali tahapan. Pembangunannya sendiri ditargetkan akan selesai di tahun anggaran 2022.

"Target kita selesai di tahun anggaran 2022, Insya Allah selesai di tahun depan," ucapnya.

Sekedar diketahui, GCC Sumedang dibangun rencananya diperuntukkan untuk mewadahi kegiatan kreatifitas bagi para komunitas kreatif di Sumedang.

Gungun menyebutkan total anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan GCC kurang lebih sebesar Rp 25 miliar. Pembangunan GCC tahap pertama telah menelan pagu anggaran sekitar Rp 15 miliar dan pada tahap kedua ini anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 10 miliar.

"Total anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh GCC kalau tidak salah sebesar Rp 25 miliar, anggaran semuanya bersumber dari Banprov," terang Gungun.

Gungun mengaku dengan adanya pandemi Covid-19 ada sejumlah rencana pembangunan yang tidak dapat dilaksanakan di tahun anggaran 2021. Hal itu lantaran adanya refocusing anggaran yang totalnya mencapai kurang lebih 30 persen.

"Salah satunya pembangunan Gapura di Jatinangor yang semestinya dilaksanakan tahun ini, karena ada refocusing anggaran maka tidak dapat dilaksanakan," ujar Gungun.

Simak juga 'Reaksi Terpukau Rossa Saat Kunjungi Command Center Sumedang':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)