Si Kabayan Bakal Lahir Kembali di Layar FTV

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 20:32 WIB
Si Kabayan bakal hadir kembali di FTV
Si Kabayan bakal hadir kembali di FTV (Foto: Istimewa)
Bandung -

Masih ingat dengan sosok kocak Si Kabayan yang diperankan aktor Didi Petet ? Dalam waktu dekat ini sosok fiktif fenomenal Tanah Pasundan itu bakal terlahir kembali.

Sosok Si Kabayan bakal dihidupkan kembali dalam serial film televisi (FTV) 'Kabayan Milenial Bersinar'. Dalam film itu, Si Kabayan ditampilkan sebagai sosok yang cerdas dan jujur, berbeda 360 derajat dari stereotip pria yang malas dan bodoh.

Produser Kabayan Milenial Bersinar Yayat Hidayat mengatakan, sosok Si Kabayan telah menjadi ikon dari masyarakat Jawa Barat. Namun, sayangnya ikon itu digambarkan sebagai sosok yang bodoh, kampungan dan pemalas.

"Di mata masyarakat Kabayan ini adalah sosok yang bodoh dan layak ditertawakan. Padahal Si Kabayan itu terkesan banyak akal," ujar Yayat dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9/2021).

"Dalam film ini justru kami ingin meluruskan tentang karakter Si Kabayan yang selama ini dianggap bodoh dan pemalas. Karena karakter yang sebenarnya adalah jujur dan cerdas" kata Yayat melanjutkan.

Yayat mengatakan, dalam film yang digarap Aria Production dan dukungan Pemprov Jabar ini, Kabayan akan menjelma menjadi sosok yang bisa menghadirkan solusi dari berbagai kebuntuan dan permasalahan yang ada di masyarakat.

"Si Kabayan ini seperti menjadi petani milenial yang memasarkan produknya melalui jejaring media sosial," ucapnya.

Asisten 3 Setda Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat mengatakan, FTV ini juga akan mempromosikan tempat wisata dan kebudayaan di Jawa Barat. "Sekaligus sebagai sarana edukasi dan sosialisasi berbagai program pemerintah. Oleh karena itu kita dukung produksi FTV ini " kata Dudi.

Serial FTV Kabayan Milenial Bersinar disutradarai Rolly Januar dengan seluruh aktornya 100 persen asal Jawa Barat agar logat nyunda-nya muncul sehingga film tampak natural dan tidak dibuat - buat. Beberapa aktornya di antaranya Farihin sebagai Kabayan, Eka Ayu sebagai Iteung, Ki Daus dan Ceu Edoh. FTV ini akan tayang di TVRI Nasional mulai 25 September 2021.

(yum/mud)