Basarnas Cari Bocah Tenggelam di Teluk Palabuhanratu Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 11:05 WIB
Basarnas Cari Bocah Tenggelam di Sukabumi
Tim Basarnas menggunakan perahu karet untuk mencari bocah tenggelam di Palabuhanratu Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Tim Basarnas menyisir perairan Teluk Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, untuk mencari Dias Sandriah (14). Bocah pria ini hilang terseret arus dan tenggelam di teluk tersebut, Minggu (19/9).

Selain menggunakan perahu karet, Basarnas juga mengerahkan personel menyisir di sepanjang bibir pantai bersama personel Polri dan potensi SAR lainnya. "Kita kirimkan personel rescue dengan peralatan SAR air dari Pos SAR Sukabumi untuk bergabung bersama unsur SAR untuk mencari korban," ucap Hendra Sudirman, kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator dalam operasi SAR, dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Senin (20/9/2021).

Untuk, pencarian hari kedua ini, Basarnas membagi dua titik pencarian. Tim Search and Rescue Unit (SRU) mencari di radius dua nautica mile (NM) dari lokasi kejadian.

"SRU pertama akan melakukan pencarian menggunakan perahu karet di permukaan air dengan radius dua NM dari lokasi kejadian. Kemudian SRU kedua akan menyisir jalur darat di sepanjang bibir pantai dengan radius 2 kilometer dari lokasi kejadian," kata Hendra.

Kordinator Pos Badan SAR Nasional Sukabumi Suryo Saputro mengatakan pencarian pada hari pertama kemarin dihentikan karena gelombang yang kurang bersahabat. "Korban belum ditemukan, masih dalam pencarian. Kemarin dihentikan karena kondisi tidak memungkinkan," ucapnya.

Personel yang ikut mencari terdiri dari Basarnas, Satpolair polres Sukabumi, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), Aksi Cepat Tanggap (Act), SAR Katulistiwa. "Pencarian dibagi dua regu laut dan darat. Mudah mudahan pencarian hari ini bisa membuahkan hasil, dan korban tenggelam bisa ditemukan," ujar Suryo.

Lihat juga video '5 Hari Dicari, Nelayan Korban Tabrakan Kapal Tugboat Ditemukan Tewas!':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/bbn)