Operasi Patuh Maung Banten Sasar Pengendara Langgar Prokes-Kerumunan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 10:12 WIB
Polda Banten mulai melaksanakan Operasi Patuh Maung 2021
Polda Banten mulai melaksanakan Operasi Patuh Maung 2021 (Foto: Dokumentasi Polda Banten)
Serang -

Polda Banten menggelar Operasi Patuh Maung yang digelar mulai hari ini hingga 3 Oktober. Sasarannya adalah pelanggar prokes hingga penindakan pengendara yang tak taat aturan.

Dirlantas Polda Banten Kombes Rudi Purnomo mengatakan, selain penindakan lalu lintas target lain adalah menekan kegiatan masyarakat di jalanan yang bisa menyebabkan klaster COVID-19.

"Target berikutnya yaitu mendisiplinkan masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, tentu saja pendisiplinan dilakukan secara tegas namun tetap humanis," kata Rudi di Mapolda Banten, Serang, Senin (20/9/2021).

Penindakan lalu lintas tetunya muka dari lawan arus, tidak menggunakan helm dan pelanggaran lain. Di Kota Serang sendiri sudah ada penerapan electronic traffic law enforcement atau ETLE di empat titik jalan arteri.

"Target berikutnya mendisiplinkan masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, tentu tegas tapi tetap humanis," ujarnya.

Ditambahkan Wakapolda Banten Brigjen Ery Nursatari menambahkan, Operasi Patuh Maung harus bisa mengurangi adanya aktivitas kegiatan masyarakat yang bisa menyebabkan penyebaran virus. Operasi dibantu oleh TNI, Dinas Perhubungan hingga Satpol PP untuk turun bersama termasuk menertibkan lalu lintas.

"Petugas bawa ransel isi masker dan bagikan sekaligus edukasi tentang prokes, jangan ada pungli dalam kegiatan operasi, upayakan tegas dan humanis dalam melakukan penindakan karena kecelakaan terjadi diawali oleh pelanggaran,"katanya.

Personil ia tegaskan bukan hanya hadir di lapangan. Mereka harus bisa menekan kerawanan apalagi yang berpotensi kecelakaan.

Lihat juga video 'Polisi Tilang Pemotor yang Bandel Langgar Crowd Free Night':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mud)