Update

Kemacetan Akibat Truk Terguling di Sukabumi Mulai Terurai

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 11:45 WIB
Truk muatan semen terguling di Sukabumi
Foto: Istimewa
Bandung -

Kemacetan yang diakibatkan truk muatan semen di ruas jalan Sukabumi-Bogor mulai terurai. Polisi melakukan buka tutup untuk mengurai kemacetan. Sementara itu truk sedang proses evakuasi.

Kasat Lantas Polres Sukabumi Ajun Komisaris Polisi Riki Fahmi Mubarok mengatakan sejumlah anggotanya melakukan evakuasi terhadap truk yang terguling dan mengurai kemacetan di lokasi.

"Ini lagi evakuasi dulu saya menunggu laporan anggota, kami juga menerapkan tutup buka untuk kelancaran dua arah," kata Riki melalui sambungan telepon, Sabtu (18/9/2021).

Menurut Fahmi kepadatan kendaraan tidak bisa dihindari karena lokasi kecelakaan berada di titik tidak jauh dari pintu tol atau ruas jalan nasional Sukabumi - Bogor. Ia memastikan anggotanya melakukan penguraian kendaraan di lokasi.

"Karena kecelakaannya di Cicurug, dekat Pocari dekat pintu tol, otomatis ngekornya kesitu begitu. Kan memang banyak arus kendaraan dari arah Jakarta lalu ada kendaraan keluar Cigombong mau arah sukabumi jadi tersendat. Sudah upaya evakuasi, menerapkan buka tutup jalur. Tapi hingga saat ini (kendaraan) dari kedua arah sudah mulai gerak," jelas Riki.

Menurut Riki kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 04.40 WIB. Kecelakaan lalu lintas tersebut bermula ketika Kendaraan Hino Tronton dengan nomor polisi B 9376 CU yang dikemudikan Kurniawwan dengan Penumpang Abdul Mutakin melaju dari arah Bogor menuju Sukabumi setibanya di tempat kejadian melintasi jalan lurus kemudian hilang kendali out of control ke sebelah kanan jalan.

Saat truk bermuatan semen itu hilang kendali, saat bersamaan dari arah berlawanan muncul truk Hino Crane dengan nomor polisi B 9281 TIP yang dikemudikan oleh Suwandi.

"Pada saat yang bersamaan dari arah berlawanan (Sukabumi - Bogor) melaju kendaraan truk Hino Crane yang dikemudikan Suwandi. Karena posisi sudah berdekatan kecelakaan tidak bisa dihindari. Bagin depan truk trontin mengenai bagian depan sebelah kanan dari Kendaraan Hino Crane," jelas Riki.

Akibat benturan itu, kendaraan tronton pengangkut semen terguling ke sebelah kiri jalan dan mengenai kendaraan Suzuki Carry Pick-up.

"Saat tronton terguling ke sebelah kiri jalan lalu mengenai Kendaraan Suzuki Carry Pickup yang dikemudikan Burhan yang melaju dari arah Sukabumi, sedangkan Kendaraan Hino Crane R No.Pol : B 9281 TIP setelah perkenaan tersebut terpental ke sebelah kanan jalan dan mengenai bangunan toko di kawasan tersebut," ujar Riki.

Riki memastikan tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, sopir truk angkutan semen hanya mengalami luka ringan dan mendapat perawatan medis. "Hanya luka ringan, kerugian materi," imbuh Riki.

(sya/ern)