Truk Muatan Semen Terguling di Sukabumi, Macet Mulai dari Pintu Tol Cigombong

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 10:30 WIB
Truk muatan semen terguling di Sukabumi
Foto: Istimewa
Sukabumi -

Truk muatan semen terguling di ruas Jalan Sukabumi-Bogor. Posisi truk yang melintang nyaris menutup setengah badan jalan mengakibatkan kemacetan mulai dari pintu keluar Tol Cigombong menuju Sukabumi.

Informasi yang diberikan pengguna jalan, sekitar pukul 07.30 WIB kemacetan tidak terhindarkan mulai dari pintu keluar Tol Cigombong hingga titik kecelakaan di Kampung Bangkongreang Desa Benda Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi.

"Saya dari arah Palabuhanratu ke arah Bogor masuk ke Tol Cigombong sebelum masuk pintu tol ada truk semen terguling nabrak sepertinya ada lawannya. Tapi saya disuruh cepat-cepat melintas karena memang kondisi jalan padat, sempat ada macet di dua sisi karena truk terguling menghabiskan separuh badan jalan," kata Fajar Setiono, pengguna jalan melalui sambungan telepon dengan detikcom, Sabtu (18/9/2021).

Fajar mengaku memang sempat mengecek kondisi jalan melalui aplikasi google maps, ia melihat garis merah di ruas jalab tersebut. Namun karena ia ada urusan mendesak akhirnya terpaksa melintasi kawasan tersebut.

"Sekitar pukul 09.30 WIB saya berhasil melewati titik kemacetan, yang saya informasikan tadi arah keluar Tol Cigombong enggak bisa keluar dari tol. Yang keluar itu enggak bisa keluar jadi stuck aja. Dari tol sampai titik terjadi lakalantas truk. Petugas kepolisian di lokasi mengatur buka tutup jalur," ujar Fajar.

Truk muatan semen terguling di SukabumiTruk muatan semen terguling di Sukabumi Foto: Istimewa

Terkait kondisi kecelakaan Fajar mengatakan ruas jalan Sukabumi - Bogor terturup debu semen. Beberapa warga jiga terlihat mengangkut sak semen yang berceceran di jalan.

"Warga sekitar ngangkutin semennya, kondisinya berdebu sekali berceeran, truk semennya itu terguling semennya berjatuhan ke jalan," jelas Fajar.

Informasi diperoleh di lokasi, kecelakaan itu terjadi swkitar pukul 03.00 WIB, kecelakaan melibatkan tiga kendaraan. Dua truk dan satu colt mini. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

"Kejadiannya sekitar jam 03.00 WIB dini hari tadi, awalnya dari arah yang berlawanan saya lihat mobil truk semen itu nyenggol mobil colt mini lalu truk tersebut membanting stir ke arah mobil yang saya kendarai, lantas karena sepertinya rem truk itu blong langsung tabrak mobil saya dan terguling, kalau colt mininya sih engak apa-apa," ujar Suhadi kepada wartawan.

Suhadi adalah sopit truk yang menjadi lawan truk semen, kondisi mobilnya juga sempat terdorong hingga menghantam pertokoan di kawasan tersebut.

"Truk saya juga terdorong hingga menghantam toko kaca di kawasan tersebut. Kondisi saya terkena pecahan kaca dan memar. Kalau sopir truk semen kondisinya parah dan sudah dibawa ke rumah sakit," jelas Suhadi.

(sya/ern)