Ruang SD Roboh, Disdik Bogor Minta Sekolah Cek Bangunan Sebelum PTM

M. Sholihin - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 18:43 WIB
Dua Kelas SD di Kota Bogor Ambruk
Foto: Dua kelas di Bogor ambruk (M. Sholihin/detikcom).
Bogor -

Dinas Pendidikan Kota Bogor meminta semua sekolah untuk mengecek sarana dan prasarana sebelum pembelajaran tatap muka (PTM) dimulai. Hal ini merupakan buntut adanya atap ruang kelas SDN Otista ambruk, Kamis (16/9/2021) siang tadi.

"Otomatis dicek secara simultan, kita memverifikasi persiapan PTM itu tidak hanya subtansi, tetapi termasuk sarana dan prasarana sekolah. Supaya tidak ada kejadian seperti ini," kata Kadisdik Kota Bogor Hanafi usai meninjau ruang kelas SDN Otista yang ambruk, Kamis (16/9/2021).

"Ya memang tidak menutup kemungkinan beberapa sekolah masih ada yang seperti ini, tapi mudah-mudahan tidak lah, dilihat bagaimana nanti untuk kita bisa melakukan penilaian layak atau tidak sebuah bangunan," katanya menambahkan.

Hanafi menyebut bangunan yang kosong memang cenderung mengurangi kekuatan bangunan dan mudah lapuk. Oleh karenanya, Disdik akan betul-betul memeriksa sarana dan prasarana sekolah sebelum PTM di Kota Bogor dimulai.

"Karena betul memang kalau bangunan kosong itu cenderung akan mengurangi kekuatan dan sebagainya, maka kita sekaligus memeriksa kondisi fisik dan sebagainya," kata Hanafi.

Sementara itu, Plt Kepala Sekolah SDN Otista Siti Meisyafah menyebut, kondisi atap ruang kelas yang kini ambruk sebenarnya sudah diketahui oleh pihak Disdik sejak lama. Namun, perbaikan belum juga direalisasikan.

"Kondisi ini sebenarnya sudah dilaporkan sejak lama, oleh kepala sekolah sebelum saya. Saya masuk, jadi plt bulan April, itu karena ruangan kurangan layak itu kita minta ruangan itu tidak digunakan, karena memang sudah tidak layak," kata Mei.

"Sejak saya jadi plt saya juga sering koordinasi dengan Disdik agar dapat anggaran perbaikan," imbuhnya.

Meisyafah menduga, atap ruang kelas ambruk akibat bahan bangunan yang sudah lapuk dan sudah seharusnya diganti dan diperbaiki.

"Yang ambruk ini dua ruang kelas ya, tapi dua ruang lagi yang disampingnya memang sudah rusak dan sudah seharusnya diperbaiki ya. Kalau dilihat dua ruang kelas yang ambruk ini, karena lapuk ya (bangunannya)," kata Meisyafah ditemui detikcom di SDN Otista, Kamis (16/9/2021).

"Makanya dua ruang kelas itu dan dua ruang kelas disampingnya itu sudah lama dikosongkan," katanya menambahkan.

(mso/mso)