Keluarga-Kerabat Datangi Rumah Duka Pilot Rimbun Air yang Jatuh di Papua

M. Sholihin - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 11:11 WIB
Bogor -

Agithia Mirza, pilot pesawat perintis Rimbun Air dengan nomor register PK-OTW yang jatuh di Gunung Wabu, Intan Jaya, Papua, ditemukan dalam kondisi meninggal. Pilot HA Mirza telah berhasil dievakuasi dan dalam tahap pemulangan ke kediamannya di Kota Bogor.

"Kita masih menunggu, kalau cuaca mendukung, kemungkinan hari ini berangkat (dari Papua), mungkin paling cepat tiba malam ini jam 11-an mungkin, karena terakhir saya dapat info itu masih terkendala cuaca di Sugapa itu, evakuasi dari Sugapa ke Timika," kata anak kedua Agithia Mirza, Yudhistira ditemui di kediamannya di Komplek AURI Kelurahan Curug, Kota Bogor, Kamis (16/9/2021).

Yusdhistira mengatakan saat ini pihak kerabat sudah berdatangan untuk menyampaikan duka dan memberi dukungan moril untuk Armaiti, istri dari Agithia Mirza.

Pilot yang sempat bertugas di Lanud Atang Sanjaya itu meninggal dunia setelah pesawat yang diterbangkannya jatuh di pegunungan Intan Jaya, Papua. Agithia Mirza pergi meninggalkan seorang istri dan 4 anak.

"Ini yang datang semua keluarga, saudara, ini kumpul semua," kata Yudhistira.

Pantauan detikcom di kediaman Agithia Mirza nampak beberapa pria berkumpul di bawah tenda yang dipasang di halaman rumah berlantai tiga milik Agithia Mirza dan keluarga. Mereka ditemani anak kedua dari Agithia Mirza, Yudhistira yang juga seorang pilot.

Para tetangga datang silih berganti untuk mengucapkan belasungkawa secara langsung dan memberi dukungan moril untuk keluarga, terutama Armaiti, istri Agithia. Di luar rumah nampak karangan bunga dari beberapa rekan almarhum berjejer di halaman rumah.

Sebelumnya, tim SAR berhasil mengevakuasi 3 jenazah kru pesawat Perintis, milik maskapai Rimbun Air. Semalam, tiga jenazah itu dibawa ke Sugapa.

Kapolres Intan Jaya AKBP Sandi Sultan mengatakan ketiga jenazah, yakni pilot HA Mirza, kopilot Fajar, dan mekanik Iswahyudi, sudah diterima pihak maskapai. Ketiganya akan diberangkatkan ke kediaman masing-masing.

"Jenazah dari Timika diterima pihak maskapai kemudian diberangkatkan ke kediaman masing-masing," ucap Sandi.

Sandi menyebut jenazah pilot HA Mirza akan langsung dibawa ke keluarganya di Bogor. Sementara jenazah kopilot Fajar dibawa ke Jatimakmur, Bekasi, dan mekanik Iswahyudi dibawa ke Balikpapan, Kaltim.

(mso/mso)