Bahagia Gadis Disabilitas Jago Gambar di Sukabumi Miliki Alat Lukis

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 14:18 WIB
Gadis Disabilitas Jago Gambar di Sukabumi
Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah bertemu Siti Nurpadila. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Mimpi diinginkan Siti Nurpadila (17) untuk mendapatkan peralatan menggambar dan alat bantu dengar akhirnya sampai ke telinga Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah. Pagi tadi, Dedy menyambangi kediaman gadis disabilitas jago gambar itu.

Dedy terlihat didampingi sang istri Hesti Dedy, yang juga Ketua Bhayangkari Polres Sukabumi, dan Wakapolres Sukabumi Kompol Niko Nurallah yang juga didampingi istri, Vicka Niko. Selain memberikan bantuan sejumlah bingkisan, sejumlah uang untuk membeli peralatan lukis juga diberikan untuk Dila.

"Saya melihat langsung bagaimana kondisi adik kita yang sarat prestasi melalui karya-karya lukisnya ini di rumahnya. Bertemu langsung dengan ayah dan ibunya untuk menyampaikan bantuan atau sedikit mengabulkan mimpi adik Dila," kata Dedy kepada detikcom di Kampung Babakan Paladang, RT 06 RW 03, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (3/9/2021).

Menurut Dedy kisah soal Dila ramai mendapat perhatian masyarakat dan media, di tengah keterbatasan karena kondisinya yang disabilitas Dila mampu menunjukan prestasi melalui keahliannya melukis yang juga menjadi hobinya.

"Ini bentuk apresiasi kami, bagian dari Polri Peduli memberikan semangat kepada adik Dila untuk terus semangat berkarya. Saya optimistis, adik kita ini bisa sembuh ya karena tadi saya bicara dengan ayahnya, ada kemungkinan Dila bisa sembuh. Kami bantu untuk pemeriksaan lebih dulu di RSUD R Syamsudin SH untuk kemudian mendapat alat bantu dengar," tutur Dedy.

Bahasa Isyarat

Ada momen menarik saat AKBP Dedy menyambangi kediaman Dila, selain berbincang dengan kedua orang tua Dila, Dedy juga terlihat berkomunikasi dengan Dila menggunakan bahasa isyarat.

Dila sempat terlihat kaget karena Dedy mengajaknya berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Selain menanyakan usia Dila, Dedy juga bertanya soal nama dan pendidikan Dila. Usai berkomunikasi soal itu Dila mendoakan Dedy agar panjang umur juga dengan bahasa isyarat.

Ketika ditanya soal kemampuannya menggunakan bahasa isyarat Dedy mengatakan ada salah satu anggota keluarganya yang juga penyandang disabilitas. Karena banyak melihat, akhirnya Dedy sedikit demi sedikit menguasai kemampuan itu.

"Tadi itu bahasa isyarat umum, karena ada keluarga saya yang juga penyandang disabilitas tuna rungu jadi paham apa yang dia sampaikan. Belajar dari melihat, karena terbiasa berkomunikasi (bahasa isyarat)," kata Dedy saat ditanya detikcom soal kemampuannyaa itu.

Sementara itu, Ela Maryati (39), ibunda Dila, mengaku kaget dengan kedatangan Dedy ke kediamannya meskipun sejak pagi tadi sejumlah aparat desa dan personel kepolisian sudah memberitahu soal kedatangan Dedy. Dila pun tampak bahagia memiliki alat lukis yang merupakan bantuan Dedy.

"Ia sudah diberitahu, tapi tetap saja kaget ternyata beliau datang. Saya bersyukur apa yang menjadi mimpi Dila yang juga harapan kami hari ini mendapat jawaban. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang sudah mewujudkan keinginan putri saya," tutur Ela.

(sya/bbn)