Puluhan Orang Jompo di Panti Asuhan Tasikmalaya Ditelantarkan Keluarga

Deden Rahadian - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 17:11 WIB
Puluhan orang jompo di Tasikmalaya ditelantarkan keluarganya
Puluhan orang jompo di Tasikmalaya ditelantarkan keluarganya (Foto: Deden Rahadian)
Tasikmalaya -

Kondisi puluhan orang tua jompo di Panti Asuhan Welas Asih, Tasikmalaya hidup prihatin selama Pandemi COVID-19 melanda. Mayoritas sudah tidak lagi diperhatikan keluarganya.

Jangankan dibiayai kebutuhanya, kunjungan keluarga saja tidak ada lagi. Bahkan, beberapa orang tua jompo ini akhirnya wafat dan tidak diambil pihak keluarga.

"Di kami ada 100 orang tua jompo sebenarnya tapi kami sekarang batasi hanya 50 saja karena pandemi rentan terkena beliau beliau itu," kata Eka Sukmawati, pengelola Panti Welas Asih, Jumat 27/08/21).

Eka menambahkan asal para lansia bukan hanya dari kota/kabupaten Tasikmalaya saja, melainkan luar Jawa Barat.

"Bahkan sampai meninggal dunia tinggal di panti jompo ini. Jadi jarang ada yang dibawa lagi keluarga nya," jelasnya.

Selama pandemi COVID-19, terang dia, kebutuhan para lansia lebih kepada vitamin dan sekarang diberikan kepada para lansia.

"Jadi bagi pengelola sebagai cermin, bahwa ternyata bukan hanya dari dongeng saja. Banyak orang yang harus diperhatikan," ujarnya.

Seorang jompo mengaku sudah tiga tahun menetap di Panti. Dia tidak lagi dikunjungi anaknya yang ikut suami di Jambi.

"Saya mah asal Bandung kalau anak dah gak ada komunikasi. Tinggal di Jambi tapi tau saya di sini menetap" kata Mulyadi.

Prihatin dengan kondisi orang tua jompo, Polwa Polres Tasikmalaya yang dipimpin langsung Kapolres Tasikmalaya, AKBP Rimsyahtono berikan bantuan sembako.

"Bertepatan dengan peringatan Hut Polwan ke-73 yang diperingati setiap 1 September, di tahun 2021, Polwan Polres Tasikmalaya menggelar bakti sosial memberikan bantuan kepada para jompo di Panti Jompo Welas Asih, Singaparna."Kata Rimsyah.

Selain memberikan bantuan berupa vitamin dan makanan lainnya juga pihak pengelola dan para jompo diberikan himbauan untuk menjaga dan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 ini.

"ParaPolwan, memberikan bantuan berupa sembako, kemudian berinteraksi dan komunikasi. Kita mengetahui bahwa ada banyak panti jompo, ke depannya kita akan rutin berkunjung, menyampaikanprokes dan himbauan, termasuk bantuan," kataRimsyah.

Lihat juga video 'Awas! Lansia Rentan Terinfeksi Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]