Mural Mirip Jokowi Ternyata Dihapus Satpol PP Bandung, Ini Alasannya

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 15:04 WIB
Petugas dari Kecamatan Bandung Wetan masih membersihkan gambar mirip Jokowi dengan mata tertutup masker di Jalan Prabu Dimuntur, Kota Bandung, Kamis (26/8/2021). Terlihat sejumlah petugas masih mengerik kertas sisa gambar tersebut, kemudian memberikan cat putih.
Mural mirip Jokowi dihapus petugas Satpol PP Kota Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Mural mirip Jokowi yang matanya tertutup masker di Bandung dihapus petugas Satpol PP Kota Bandung. Apa alasannya menghapus mural tersebut?

"Jadi tadi kita bersepakat, katanya ditertibkan saja. Karena ini kan, maaf, itu kan gambar presiden. Tapi itu (mural) bukan sosialisasi, itu kayak penghinaan lah, istilahnya begitu," ucap Kabid Penegak Produk Hukum Daerah (PPHD) Satpol PP Bandung Idris Kuswendi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (27/8/2021).

Idris mengungkapkan alasan penghapusan mural tersebut. Pihaknya menilai sosok pria dalam mural itu Presiden Jokowi. Menurut dia, mural tersebut dikhawatirkan menghina Presiden Jokowi.

"Iya jadi ini kan dikhawatirkan dianggap penghinaan. Karena itu bukan program pemerintah," ucapnya.

Petugas dari Kecamatan Bandung Wetan masih membersihkan gambar mirip Jokowi dengan mata tertutup masker di Jalan Prabu Dimuntur, Kota Bandung, Kamis (26/8/2021). Terlihat sejumlah petugas masih mengerik kertas sisa gambar tersebut, kemudian memberikan cat putih.Mural mirip Jokowi tertutup masker di Kota Bandung sebelum dihapus petugas Satpol PP. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Selain itu, kata Idris, mural dinilai sebagai bentuk vandalisme. Sebab pembuatan mural dilakukan tanpa izin dari Pemkot Bandung.

"Tempat itu kan milik pemerintah, bukan atas program pemerintah, tapi itu lebih ke corat-coret versi mereka. Mungkin ini hampir mendekati seperti vandalisme," ujar Idris.

Lihat juga video 'Heboh Mural 'Colek' Negara: Karyanya Dihapus, Pembuatnya Diburu':

[Gambas:Video 20detik]