ADVERTISEMENT

Selama Jadi Wabup, Hengky Curhat Tak Banyak Dilibatkan di Pemerintahan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 18:32 WIB
Hengky Kurniawan jadi saksi dalam sidang kasus korupsi bansos yang menyeret Aa Umbara.
Foto: Hengky Kurniawan jadi saksi dalam sidang kasus korupsi bansos yang menyeret Aa Umbara (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan dihadirkan sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan barang bantuan sosial (bansos). Di persidangan, Hengky curhat tak banyak dilibatkan dalam urusan pemerintahan.

Curhatan itu terbongkar saat Hengky duduk di kursi menghadap majelis hakim di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (25/8/2021). Hengky awalnya ditanya berkaitan dengan korupsi pengadaan barang yang menjerat Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara Sutisna.

Saat ditanya hakim seputaran kasus tersebut, Hengky mengaku tidak tahu. Dia mengatakan tak pernah dilibatkan untuk urusan pemerintahan termasuk urusan COVID-19.

"Saya kurang hapal karena 2,5 tahun tidak pernah dilibatkan," ucap Hengky.

Hengky mengaku dirinya sebagai Wakil Bupati saat itu tak pernah dilibatkan dalam urusan COVID-19. Bahkan, dia mengatakan namanya tak tercantum dalam surat keputusan (SK) Satgas COVID-19 Bandung Barat.

"Kalau tahun kemarin dalam SK Satgas COVID-19 saya tidak masuk. Tidak dilibatkan SK dan tidak pernah diajak rapat soal COVID-19," tuturnya.

Hengky juga mengaku di persidangan tak pernah dilibatkan soal urusan pemerintahan. Salah satunya terkait rapat soal APBD tahunan termasuk kegiatan-kegiatan lain. Justru, dia mengetahui ada kegiatan pemerintah hanya dari media sosial.

"Setiap rapat diunggah di Instagram humas. (Jadi tahunya) dari Instagram humas KBB dan Instagram beliau (Aa Umbara)," kata dia.

Menurut dia, porsi tugas yang diberikan Aa Umbara kepadanya terbilang sedikit. Dia mengaku hanya kerap menggantikan undangan seperti paripurna yang mana Aa tak bisa hadir.

Lantaran porsi tugasnya sedikit, Hengky mengaku dia mencari kesibukan lain dengan ikut terlibat berbagi bansos yang digagas oleh forum 'Jabar Bergerak' yang diketuai oleh istri Gubernur.

"Istri saya kebetulan jadi ketua Jabar bergerak KBB. Saya ikut saja. Cari kesibukan saja," kata dia.

Dengan tak banyaknya dilibatkan dalam urusan pemerintah, Hengky mengaku tak tahu menahu soal pengadaan barang untuk bansos COVID-19. Meski mengenal Andri Wibawa dan M Totoh selaku penyedia barang, dia menegaskan tak ikut terlibat.

Simak juga 'Risma Sebut Berkas Pengaduan Bansos Sehari Bisa Setinggi 1 Meter':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT