ADVERTISEMENT

Cerita Bocah Kembar Siam Dempet Perut yang Ingin Jadi Ilmuwan dan Artis

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 17:02 WIB
Bocah kembar siam dempet perut asal Garut ini divonis sejak lahir tak bisa dipisah. Sempat jalani operasi-perawatan di RSHS Bandung, bagaimana kabarnya kini?
Foto: Potret bocah kembar siam dempet perut asal Garut (Hakim Ghani/Detikcom).
Garut -

Al Dewi Putri Ningsih dan Al Putri Anugrah bocah kembar siam dempet perut asal Garut kini mulai ikut sekolah. Meski hidup dalam keterbatasan fisik, mereka punya cita-cita yang tinggi.

Senyum keduanya menyambut saat detikcom bertandang ke rumahnya, Rabu (25/8/2021). Mereka mempersilakan masuk ke rumahnya yang sederhana di Kampung Padasari, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja Garut.

Mereka bercerita setelah dewasa nanti, ingin mewujudkan cita-citanya. Dewi ingin menjadi ilmuwan sedangkan Putri ingin menjadi artis. "Aku mah ingin jadi artis," ujar Putri.

"Kalau aku mau jadi ilmuwan," ucap Dewi menambahkan.

Keduanya tampak riang dan penuh kebahagiaan. Iwan Kurniawan (43), ayah Dewi dan Putri mengatakan anaknya itu rajin mengikuti materi yang diajarkan guru di sekolah.

"Alhamdulillah rajin, periang. Senang aja gitu enggak rewel," ucap Iwan.

Layaknya anak dengan fisik normal, Dewi dan Putri juga tak hanya sebatas bersekolah. Mereka menambah porsi belajar dengan mengikuti bimbel dan belajar mengaji di masjid dekat rumahnya.

"Anak saya ngaji juga. Sudah hafal beberapa surat pendek," ujar Iwan.

Dewi dan Putri adalah kakak beradik yang dilahirkan kembar siam dan mengalami dempet di bagian perutnya. Sejak lahir, keduanya divonis tidak bisa dipisah.

Keduanya sempat menjalani operasi penghilangan kaki tambahan di RS Hasan Sadikin Bandung pada tahun 2017 silam. Operasi kala itu berjalan lancar dan sukses.

Saat ini Dewi dan Putri yang berusia 7 tahun duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Tegal Panjang, Kecamatan Sucinaraja, Garut.

(mso/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT