IA-ITB Pamerkan Alat Pemurni Udara Buatan Negeri ke Sandiaga Uno

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 16:02 WIB
IA-ITB tunujukan alat pemurni udara ke Sandiaga Uno.
Foto: IA-ITB tunujukan alat pemurni udara ke Sandiaga Uno (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Ketua Umum Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) Gembong Primadjadja memamerkan alat pemurni udara atau Smart Ozonizer kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Meparekraf) Sandiaga Salahudin Uno di sela peninjauan sentra vaksinasi COVID-19 Ganesha di Sabuga, Kota Bandung, Senin (23/8/2021).

Gembong mengatakan, alat tersebut merupakan buatan dari para alumni ITB. Alat yang bisa digunakan secara portabel tersebut bekerja dengan memurnikan udara dari bakter atau virus. "Itu buatan ITB, kita alumni ITB tidak tinggal diam, mereka berkreasi mencari produk yang relevan dengan pandemi COVID-19," kata Gembong.

Ia mengatakan, cara kerja alat yang masih berupa purwarupa itu dengan cara menyalakan alat selama tujuh menit untuk menetralisir virus dan bakteri selama dua jam dalam ruangan seluas 70 m3. "Alat itu membersihkan bakteri virus dan lain-lain yang ada di ruangan," ujarnya.

"Alat ini akan kita jual ke masyarakat luas, tapi untuk harganya belum bisa kita umumkan. Kita usahakan harganya semurah mungkin," ucap Gembong melanjutkan.

Pihaknya memberikan alat tersebut kepada Kemenparekraf untuk digunakan. Selain kepada Menparekraf rencananya alat tersebut juga akan diberikan kepada sejumlah pihak lainnya.

"Kami akan beri ke Menteri Kesehatan dan kepada yayasan yang membutuhkan yang kami bantu. Jadi satu ruangan meeting yang besar itu cukup satu alat, alatnya itu bisa dipindah ke ruangan lain," katanya.

(yum/mso)