Sempat Berselisih, Habib Bahar-Ryan Jombang Dibina Lapas Gunung Sindur

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 08:11 WIB
Ditjenpas Kemenkumham membagikan foto bukti Ryan Jombang dan Habib Bahar bin Smith sudah berdamai
Foto: Ditjenpas Kemenkumham membagikan foto bukti Ryan Jombang dan Habib Bahar bin Smith sudah berdamai (dok. Ditjenpas Kemenkumham).
Bandung -

Kalapas Gunung Sindur Mujiarto menegaskan perselisihan antara Habib Bahar bin Smith dan Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang sudah selesai. Pihak Lapas akan melakukan pembinaan terhadap keduanya.

"Salah satu tujuannya adalah agar mereka menyadari perbuatannya dan tetap aktif mengikuti pembinaan agar dapat kembali ke masyarakat sebagai pribadi yang baik," ucap Mujiarto dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Jumat (20/8/2021).

Mujiarto mengatakan permasalahan keduanya sudah diselesaikan secara internal. Baik Bahar maupun Ryan Jombang sudah berdamai.

"Yang jelas perselisihan sudah selesai dan mereka pun kembali mengikuti aturan-aturan dan program pembinaan yang diberikan pihak lapas," kata dia.

Menurut Mujiarto, permasalahan tersebut dipicu karena kesalahpahaman. Dia juga menyebut permasalahan pribadi biasa terjadi di dalam lapas.

"Itu permasalahan pribadi saja yang memang bisa terjadi terhadap siapapun dan di manapun, termasuk di dalam Lapas. Di mana menyatukan orang-orang yang mempunyai latar belakang dan kepribadian berbeda bukanlah hal yang mudah. untuk itu lah pembinaan diberikan kepada narapidana, termasuk mereka berdua," tuturnya.

Perdamaian antara Bahar dan Ryan Jombang pun diamini oleh Ditjen PAS. Bahkan Ditjen PAS mengirimkan foto-foto Bahar dan Ryan berbarengan.

"Itu salah satu bukti mereka sudah berdamai," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti kepada detikcom, Kamis (19/8/2021).

Rika membagikan dua foto. Pada foto pertama terdapat Kalapas Gunung Sindur Mujiarto, Ryan Jombang, serta Habib Bahar bin Smith dengan pose berdiri menghadap ke arah kamera. Mujiarto berada di tengah antara Ryan Jombang, yang mengenakan peci dan pakaian serbaputih, dan Habib Bahar, yang mengenakan pakaian serbahitam dipadu syal dan penutup kepala warna cokelat.

Pada foto kedua, tampak hanya Ryan Jombang yang berdiri di sebelah Habib Bahar bin Smith. Pada foto tersebut, terlihat Ryan Jombang berpose jempol diangkat.

Masih berdasarkan kedua foto itu, ekspresi Ryan tersenyum. Wajah Ryan tampak mulus, tanpa sedikit pun bekas luka lebam.

Simak video 'Adu Opini Kubu Habib Bahar Vs Ryan Jombang soal Pemukulan':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)