17 Bayi di Cirebon Lahir Tepat di HUT ke-76 RI

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 16:21 WIB
17 bayi di Cirebon lahir di HUT ke-76 RI.
Foto: 17 bayi di Cirebon lahir di HUT ke-76 RI (Sudirman Wawad/detikcom).
Cirebon -

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda Kota Cirebon, Jawa Barat, kebanjiran pasien ibu melahirkan tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia, Selasa (17/8/2021). Totalnya sebanyak 17 bayi dilahirkan di rumah sakit tersebut.

Dokter spesialis kandungan sekaligus pemilik RSIA Cahaya Bunda Yasmin Dermawan mengatakan dari 17 pasien melahirkan itu, 14 pasien sengaja memilih untuk melahirkan di Hari Kemerdekaan.

"17 ini sesar semua, ada 14 yang memang direncakan hari ini. Sisanya tidak direncanakan," kata Yasmin saat berbincang dengan detikcom, Selasa (17/8/2021).

Yasmin mengatakan 17 pasien melahirkan itu sudah melalui proses pemeriksaan. Belasan pasien melahirkan ini dinyatakan cukup bulan, artinya usia kandungan pasien telah memenuhi syarat untuk melahirkan.

"Ada juga yang hasil bayi tabung. Bayinya sehat. Dan ada beberapa faktor lain juga. Intinya mereka sudah cukup bulan," kata Yasmin.

Yasmin tak menyangka permintaan melahirkan di Hari Kemerdekaan sangat tinggi. Bahkan mencapai lima kali lipat dibandingkan hari biasa.

"Hari biasa hanya tiga sampai empat pasien. Saya juga kaget. Ternyata banyak juga. Dari 17 bayi yang dilahirkan ini, 12 berjenis kelamin perempuan dan lima laki-laki," kata Yasmin.

(mso/mso)