Menyantap Soto Ayam Kelas Dunia di Jantung Kota Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 18:34 WIB
Soto Ayam Ambengan Pak Sadi di Bandung
Soto Ayam Ambengan Pak Sadi kini hadir di Kota Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi (Asli) sudah tak asing lagi di telinga para penggemar soto. Sajian nusantara yang pernah meraih penghargaan sebagai jajanan kaki lima (street food) terbaik di dunia versi World Street Food Congress 2013 itu kini hadir di Kota Bandung.

Kehadiran Soto Ayam Ambengan Pak Sadi ini menambah keragaman wisata kuliner di Kota Bandung yang memiliki julukan Paris van Java. Semerbak aroma rempah yang melimpah berpadu mesra dengan kuah kaldu yang menggoda selera.

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi di BandungCiri khas dari Soto Ayam Ambengan Pak Sadi ini terletak pada bumbu rempah yang terjaga keaslianya. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Satu porsi soto ayam terdiri dari suwiran daging ayam kampung nan gurih, ati, sohun, potongan telur rebus, taburan seledri yang diguyur oleh kuah kental bening kekuningan. Suwiran dagingnya pun telah diolah dengan bumbu rahasia, sehingga rasanya harmonis dengan kuah yang kaya rempah. Variasi lainnya yaitu soto dengan topping telur muda yang gurih dan tinggi protein serta sehat.

Rempah yang paling menonjol di lidah, ialah kunyit, lengkuas dan serai. Koya yang tersedia juga dibuat dari kerupuk udang pilihan yang digerus halus sehingga membuatnya berbeda dengan koya biasa.

Manajer Soto Ambengan Pak Sadi (Asli) Bandung, Tiffany Aditya mengatakan, ciri khas dari Soto Ayam Ambengan Pak Sadi ini terletak pada bumbu rempah yang terjaga keaslianya. Ia menjamin rasa soto Pak Sadi di Bandung, autentik rasanya dengan di Surabaya.

"Soto ayam, dagingnya dari ayam kampung makanya selalu fresh. Istimewanya itu dari bumbu rahasia, ada rempah yang berbeda dengan yang lainnya. Itu yang menjadi ciri khas dari Soto Ambengan Pak Sadi ini," ujar Tiffany, Jumat 13 Agustus 2021.

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi di BandungSatu porsi soto ayam terdiri dari suwiran daging ayam kampung nan gurih, ati, sohun, potongan telur rebus, taburan seledri yang diguyur oleh kuah kental bening kekuningan. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Meski berasal dari Jawa Timur, nyatanya Soto Ayam Ambengan Pak Sadi ini cocok dengan lidah warga Bandung. Tak jarang pula banyak pengunjung yang datang untuk sekadar mengobati kerinduan akan kampung halaman.

Karena selain soto ayam, dua gerai Soto Ayam Ambengan Pak Sadi yang terletak di Jalan Banda No.35 dan Jalan AH Nasution No.70 ini juga menyediakan menu khas Surabaya lainnya, yakni Rujak Cingur dan nasi pecel. Bahan-bahan yang digunakan di sini pun segar, sehingga sayur mayurnya kriuk ketika dikunyah di mulut.

"Kalau di sini antusiasnya bagus sekali ya, karena siapa sih yang tidak suka soto? Banyak penggemar Soto Pak Sadi ini, mereka senang dan puas. Selain soto, ada rujak cingur, ada juga nasi pecel dan itu jadi salah makanan khas. Serta ada menu rawon yang nikmat," ujar Tiffany.

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi di BandungKonsumen menikmati Soto Ayam Ambengan Pak Sadi di Jalan Banda No.35, Kota Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Salah seorang pengunjung Soto Ayam Ambengan Pak Sadi, Putri (26), mengakui daya tarik utama dari Soto Ayam Ambengan Pak Sadi ini terletak dari rempahnya. "Rempah-rempahnya terasa banget, terus bumbunya tidak bikin meleg. Enak banget, harganya juga worth it lah," ujar Putri.

Sementara itu pengunjung lainnya, Elisa (32), menyantap soto ayam dan rujak cingur. "Beda dengan tempat yang lain, gurih juga. Boleh banget dicoba, rekomendasi banget lah," kata Elisa.

(yum/bbn)