ADVERTISEMENT

Menkes Dorong Pemkab Bogor Vaksinasi 2,3 Juta Orang dalam 45 Hari

M. Sholihin - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 16:17 WIB
Sejumlah pedagang di Bandung menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi COVID-19 dilaksanakan di mal dan toko swalayan di Kota Bandung.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bogor -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendorong Pemkab Bagor untuk gencar vaksinasi yang ditargetkan akhir September 2021 mencapai 75 persen dari penduduk Kabupaten Bogor. Budi berjanji akan mendukung target itu dengan pasokan vaksin yang memadai.

Penduduk Kabupaten Bogor yang menjadi target vaksinasi sebanyak 4,2 juta orang. Jika targetnya 70 persen, yang harus divaksinasi hingga akhir September sebanyak 3 juta orang.

"Presiden mengarahkan pak Menko (Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan) dan saya, di akhir September harus capai ini (target vaksinasi). Kalau saya lihat 4,2 juta target totalnya (di Kabupaten Bogor), harus 3 juta orang sudah divaksinasi dosis pertama. Jadi kita punya waktu sekitar 45 hari ini," kata Budi usai meninjau vaksinasi di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Sabtu (14/8/2021).

Berdasarkan data yang diterima Budi, capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor saat ini baru mencapai sekitar 700 ribu orang. Artinya masih tersisa 2,3 juta orang yang harus divaksinasi hingga akhir September 2021.

"(Targetnya) 3 juta orang yang harus disuntik vaksin dosis pertama. Kan kalau sekarang baru 700-an (ribu) untuk dosis pertama ya, jadi masih ada gap yang lumayan besar, yaitu 2,3 juta orang lagi yang harus disuntik vaksin dosis pertama dan harus dikejar sampai akhir September," kata Budi.

Dia menyebut pasokan vaksin untuk mendukung capaian target vaksinasi akan dikirim pada pekan ke-3 dan ke-4 Agustus. "Saya akan memenuhi vaksinnya, tadi sudah lapor ke pak Menko dan vaksinnya itu akan datang di akhir minggu ke-3 atau 4. Jadi, mesti bekerja keras itu di pekan ke 3-4, dan saya minta tolong supaya (warga) disuntik," kata Budi kepada Bupati Bogor Ade Yasin.

Untuk mencapai target vaksinasi di akhir September, Budi meminta agar Pemkab Bogor tetap bekerjasama dengan TNI dan Polri. "Jadi kalau bisa kerja sama, saya yakin target harusnya bisa tercapai," ucap Budi menegaskan.

(bbn/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT