Cerita Pria Tunanetra yang Semangat Jualan Mi Biting di Kuningan

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 09:22 WIB
Pria Tunanetra di Kuningan
Jeri Sopiandi (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Kisah Jeri Sopiandi (27) membetot perhatian warganet. Pria tunanetra ini terus bersemangat mencari nafkah dengan cara berjualan mi biting di Kuningan.

Saat ditemui detikcom, Jeri yang biasa menjajakan dagangannya di Rest Area Cirendang Kuningan, menceritakan kesehariannya berjualan mi biting dan camilan. "Saya jualan mi biting ini demi menafkahi keluarga, tadinya jualan puding terus buat nambah-nambah penghasilan saya jualan ini, mi biting sama cemilan," kata Jeri, Jumat 13 Agustus 2021.

Jeri selalu berangkat seorang diri ke area berjualan. Menggunakan tongkat, dia berjalan kaki selama 15 menit dari rumahnya di Ciporang Kuningan, setiap pukul 13.00 WIB.

"Kadang ada orang yang kenal ngajak bareng, ya saya ikut. Tapi seringnya saya jalan kaki saja, sudah hafal juga kondisi jalannya karena sering," ungkapnya.

Jeri, yang sudah mempunyai seorang istri, ini harus menjadi tulang punggung keluarga. Dia mencari rupiah demi rupiah. Di rumah kontrakannya, Jeri tinggal bersama ibu, adik dan sang istri.

"Iya (tulang punggung keluarga). Ibu suka sakit-sakitan, tapi alhamdulillah sekarang sudah sembuh. Malah istri yang lagi sakit sekarang, dia lagi pulang ke rumah orang tuanya di Sukabumi, adik alhamdulillah sudah kerja juga sekarang," ucap Jeri.