ADVERTISEMENT

Alhamdulillah, Kota Bandung Kembali ke Zona Oranye

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 14:33 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Penurunan kasus positif aktif COVID-19 beberapa waktu terakhir mengantarkan Kota Bandung kembali ke zona oranye setelah beberapa bulan ada di zona merah.

Kadinkes Kota Bandung Ahyani Raksanaga mengatakan, berdasarkan pemetaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, saat ini Kota Bandung sudah berada di zona oranye dengan skor penilaian 1,81.

"Tiap minggu dinilai dari beberapa indikator. Ahamdulillah tadi pagi mendapat informasi sudah bisa melalui zona merah dan sekarang di zona oranye," kata Ahyani dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (12/10/2021).

Meski resiko penyebaran COVID-19 sudah ada dalam resiko sedang, Ahyani minta masyarakat tidak lengah dan tetap jalankan protokol kesehatan.
Ahyani mengajak masyarakat agar semakin disiplin agar kasus COVID-19 semakin menurun.

"Saya berterimakasih kepada semua yang menjaga protokol kesehatan sehingga penyebaran dapat tertahan. Mari kita turunkan lagi sama-sama dijaga protokol kesehatan," ujarnya.

Ahyani mengungkapkan, penurunan zona risiko ini berpengaruh untuk menjadi rujukan memberikan relaksasi di berbagai sektor. Termasuk guna melonggarkan sektor ekonomi. Aabila indikator penanganan semakin membaik maka pelonggaran aktivitas pun kian bertambah.

"Jadi nanti kita bisa lihat kalau oranye persentase bertambah, yang bekerja bertambah. Jadi pelan-pelan aktivitas masyarakat di new normal akan bertambah luas. Tapi sekali lagi kita tetap nomor satu protokol kesehatan. Supaya aktivitas tetap berjalan tapi pandemi ditangani," ungkapnya.

Ahyani menambahkan, percepatan vaksinasi COVID-19 pun saat ini masih dikebut oleh Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan TNI Polri dan stakeholder lainnya.

Dari informasi yang ditayangkan laman Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 972.644 dan dosis 1 sudah mencapai 541.587. Seperti diketahui, target sasaran vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung mencapai 1.952.358.

"Karena kita tidak mengejar target 100 persen tapi 70 persen (dari jumlah penduduk) untuk membentuk herd immunity. Targetnya sekitar 1,9 jutaan (orang)," pungkasnya.

(wip/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT