Gaskeun! Bobotoh dan Pelajar di Cirebon Ramai-ramai Divaksinasi

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 14:35 WIB
Sejumlah pedagang di Bandung menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi COVID-19 dilaksanakan di mal dan toko swalayan di Kota Bandung.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Cirebon -

Masyarakat berbagai kalangan di Kota Cirebon, Jawa Barat, ikut berjuang dalam mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity melalui vaksinasi COVID-19. Mereka menyebar ke berbagai tempat pelaksanaan vaksin.

Hari ini, ribuan masyarakat dari kalangan pekerja industri keuangan dan pembayaran berbondong-bondong mengikuti vaksinasi massal yang digelar oleh Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon. Para pekerja dari industri keuangan dan pembayaran diizinkan untuk mendaftarkan keluarganya, dan masyarakat lainnya untuk mengikuti vaksinasi.

"Sasarannya 3.200 orang. Pelaksanaan tiga hari," kata Kepala OJK Cirebon Mohammad Fredly Nasution di sela-sela pelaksanaan vaksinasi massal di salah satu hotel, Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (5/8/2021).

Fedly menjelaskan vaksinasi massal untuk masyarakat dari kalangan industri keuangan dan pembayaran sebagai upaya dalam membantu target herd immunity. Ia berharap herd immunity bisa tercapai pada Desember tahun ini.

Selain itu, pelajar di Kota Cirebon antusiasme mengikuti vaksinasi di Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan. Salah satu pelajar SMPN 2 Kota Cirebon, Naswa, mengaku mendapat anjuran dari sekolahnya untuk mengikuti vaksinasi. Ia pun berharap pembelajaran tatap muka bisa digelar kembali.

"Dapat informasi dari Bu RW. Setelah dapat informasi langsung daftar. Ya biar tidak kena Corona, imunnya biar kuat," kata Naswa.

Vaksinasi yang menyasar pelajar dan masyarakat itu dilakukan oleh pihak Kelurahan Kesenden. Vaksinasi dilakukan secara bertahap yang dilakukan di beberapa RW. Belasan pelajar dari beberapa RW antusias mengikuti vaksinasi.

"Alhamdulillah, partisipasi dan antusias masyarakat pada pekan kedua ini cukup tinggi. Buktinya ada kehadiran para pelajar yang mengikuti program vaksinasi di Kelurahan Kesenden," kata Lurah Kesenden Ruliyanto.

"Saya sangat mengapresiasi para pelajar yang mengikuti program vaksinasi yang digelar oleh Kelurahan Kesenden. Mudah-mudahan mereka bisa menularkan kepada teman-temannya untuk mempercepat herd immunity di Kelurahan Kesenden," tutur Ruliyanto.