Tekan Mobilitas Saat PPKM, Cirebon Bakal Terapkan Ganjil-Genap

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 15:43 WIB
Poster
Ilustrasi PPKM (ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Cirebon -

Pemkot Cirebon berencana memberlakukan kebijakan ganjil-genap bagi kendaraan yang masuk wilayahnya. Saat ini pemkot bersama kepolisian tengah mengkaji kebijakan tersebut.

"Wacana ganjil-genap itu adalah upaya agar pembatasan mobilitas bisa berjalan dengan baik," kata Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis kepada awak media di Balai Kota Cirebon, Rabu (4/8/2021).

Azis mengatakan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat hingga berlevel Satgas COVID-19 melaksanakan penyekatan terhadap kendaraan yang masuk ke wilayah Kota Cirebon. Pengendara wajib menunjukkan sertifikat vaksin, hasil swab antigen atau PCR negatif. Namun, hal itu menimbulkan kemacetan di sejumlah titik.

"Jangan sampai menimbulkan masalah baru seperti kemacetan. Sehingga terpikir pola ganjil-genap. Ini pola yang bisa memaksimalkan mobilitas tanpa masalah baru," kata Azis.

Azis menilai penerapan ganjil-genap sangat memungkinkan di Kota Cirebon. "Sekarang sedang dikaji oleh Dishub dan Polres Cirebon Kota, menimbang baik dan buruknya. Kalau oke bisa dilaksanakan. Dasar hukumnya kita bisa gunakan perwali," kata politikus Partai Demokrat itu.