Restoran di Ciwidey Kibarkan Bendera Putih, Sahrul Gunwan: Minta Solusi

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 21:17 WIB
Sahrul Gunawan
Foto: Sahrul Gunawan (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Sejumlah tempat wisata, hotel, jasa akomodasi dan restoran di Ciwidey, Kabupaten Bandung terpaksa mengibarkan bendera putih. Mereka mengaku tidak mendapatkan pendapatan dan meminta solusi dari pemerintah daerah dan pusat.

Hal itu disampaikan pula oleh Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan. Sahrul mengatakan sempat menemui salah satu restoran yang mengibarkan bendera putih di Ciwidey.

"Saya kemarin bertemu dengan pelaku restoran yang mengibarkan bendera putih, saya sempat berbicara dengan owner-nya, dan memang itu kan sebagai bentuk solidaritas PHRI di Kabupaten Bandung," ujar Sahrul kepada wartawan di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (4/8/2021).

Sahrul menuturkan, dirinya mendengarkan keluhan dari pengelola restoran tersebut. Mereka mengaku tidak terima dengan keputusan soal PPKM Level 4 yang menutup tempat wisata. Hal tersebut berdampak besar kepada kunjungan restoran.

"Saya tanya, ini kenapa? Kebanyakan dari mereka itu tidak terima dan meminta bagaimana solusinya," ungkap Sahrul.

Sahrul menuturkan dirinya tidak bisa banyak berkomentar ketika mendengar keluhan pengelola restoran. Ia hanya mampu menjelaskan bagaimana kondisi dan aturan saat ini. Ia pun meminta agar pengelola tetap bersabar.

"Saya hanya bisa menjelaskan, dengan pendekatan persuasif, memang enggak ada apilihan bagi kita untuk mematuhi aturan yang sudah ditetapkan," ucapnya.

Selain itu, ia pun telah mendapatkan informasi akan adanya bantuan bagi pengusaha wisata dan ekonomi kreatif. Dirinya pun akan mengawasi bantuan tersebut agar bantuan sampai kepada para pengelola.

"Dengan adanya bantuan dari provinsi yang akan tunggu untuk pariwisata dan Ekraf (Ekonomi Kreatif), saya juga akan mengawasi, sekarang proses database. Semoga dapat membantu yang terkena dampak," ujarnya.

(mso/mso)