Panorama 360

Melihat Dekat 'Batu Goong' Ciamis yang Konon Tak Bisa Dipindahkan

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 07:40 WIB
Batu Goong di Ciamis
Batu Goong di Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Sebuah batu berjuluk 'Batu Goong' di Lingkungan Lebak, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, konon memiliki aura magis dan mitosnya tidak bisa dipindahkan.

'Batu Goong' ini persis menyerupai alat musik goong dengan bulatan menonjol di tengahnya. Ukurannya berdiameter sekitar 30 sentimeter. Batu tersebut ditemukan di Sungai Cileueur.

Batu ini terletak di sebuah kebun bambu. Meski berada tak jauh dari perkotaan Ciamis namun lokasi ini cukup sunyi dan sedikit menyeramkan. Sekeliling lokasi teduh dengan rimbunnya ranting bambu.

"Kejadiannya sudah lama sekali, memang bentuknya mirip goong," ujar Suryadi (76), warga setempat, beberapa waktu lalu.

'Batu Goong' ini dinilai memiliki aura magis. Menurut Suryadi, dulu ada warga yang sering bawa orang untuk mencari nomor (togel) di lokasi tersebut.

Warga lainnya, Nono Nuryono, bercerita soal kekuatan magis dari Batu Goong. Saat itu ada orang yang dari museum bermaksud akan memindahkan 'Batu Goong' itu karena memiliki keunikan dan diduga memiliki nilai sejarah. Tapi saat pegawainya menggali, ternyata orang tersebut malah sakit, sehingga proses pemindahannya tidak diteruskan.

"Sebelum berhasil mengangkat batu, malah sakit seperti orang yang kerasukan. Pada akhirnya batu goong masih tidak bergerak," kata Nono.

Tonton video 'Konon Batu Goong di Ciamis Ini Punya Aura Magis':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)