Unak Anik Jabar

Cerita Siluman Ikan Gabus di Situ Bojongmengger Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 22:00 WIB
Situ Bojongmengger Ciamis
Situ Bojongmengger Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Ada cerita mistis dan mitos di Situ Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Konon, area Situ Bojongmengger dihuni makhluk halus yang menyerupai penampakan ikan gabus raksasa. Warga sekitar menyebutnya Abah Bapang Bogo.

Kisah tersebut diyakini masyarakat setempat secara turun-temurun. Situ atau danau ini memiliki ukuran cukup besar, biasa dimanfaatkan warga setempat untuk pengairan lahan pertanian seperti sawah dan kolam ikan.

Pa Lili, warga setempat, menyebutkan sejumlah orang mengaku pernah melihat penampakan ikan siluman penunggu Situ Bojongmengger tersebut. Ikan siluman itu ukurannya seperti anak usia lima tahun. Padahal umumnya ikan gabus tidak sebesar itu.

"Saya mendengar cerita itu dari orang tua saya dan memang tersampaikan secara turun temurun. Di Situ Bojongmengger ini ada penunggunya yang berwujud ikan gabus besar," kata Lili, Selasa (26/1/2012).

Lili mengungkapkan ada beberapa larangan dan tata tertib saat orang berada di Situ Bojongmengger. Orang jangan berteriak di area situ dan tidak boleh berisik, termasuk memicu keramaian.

Selanjutnya
Halaman
1 2