Nelangsa Gadis Belia di Pandeglang Tak Berdaya Gegara Leukemia

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 22:43 WIB
Gadis Pandeglag Idap Leukemia
Yusti Kurniawati menemani anaknya, Amelia Agustin (14), yang terbaring lemah karena leukemia. (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom)

Begitu didiagnosis, Amel ternyata mengidap kanker darah atau leukemia. Keluarga membawanya ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) agar kondisinya membaik. Tapi, setelah beberapa kali melakukan kemoterapi, kondisi Amel tak kunjung menunjukkan kemajuan.

"Dari dokter itu waktu di RSCM sudah dua kali melakukan kemo terapi. Tapi karena kehabisan biaya, jadinya dibawa pulang lagi," kata Yusti.

Sepulang dari RSCM, Amel hanya terbaring di kasur. Selama di rumah, Amel terus-terusan menangis. Dia tak kuat menahan sakit pada matanya. Hanya untuk melihat sinar lampu di rumah pun Amel tidak mampu.

"Suami saya hanya berjualan di kantin, tapi karena pandemi jadi tidak bisa berjualan. Dari awal sakit itu belum ada yang membantu, pak. Saya berharap, ada yang bisa bantu yang punya rejeki lebih untuk membantu pengobatan anak saya," ujar Yusti.

Kabar terkini, Amel sudah mendapat penanganan dan telah dibawa ke RSUD Banten. Melalui bantuan para relawan dan pihak kecamatan di tempat tinggalnya, Amel direncanakan menjalani operasi mata kembali di RSCM Jakarta.

"Sudah dibawa kang ke RSUD Banten. Rencananya mau kami bawa ke RSCM, sekarang sedang ngurus persyaratan administrasinya sambal menunggu rujukan. Kami sih pengennya cepet dirujuk, besok atau lusa lah harus bisa dibawa. Kondisinya sudah memburuk soalnya, kalau nggak cepat ditangani bahaya," kata Founder Relawan Charity Banten Diki Nurmansyah.


(bbn/bbn)