7 Ribu Pelamar Lolos Administrasi CPNS di Kabupaten Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 15:52 WIB
Ilustrasi Tes CPNS
Foto: Ilustrasi/Luthfy Syahban
Kabupaten Bandung -

Hasil tahap pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bandung telah diumumkan. Sebanyak 7 ribuan pelamar yang dinyatakan lolos dari total pelamar sekitar 20 ribuan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Wawan Ridwan. Pengumuman dapat diakses pada laman resmi BKPSDM Kabupaten Bandung.

"Kemarin pengumuman yang lolos administrasi, yang lolos sekitar 7 ribuan dari pelamar 20 ribuan," ujar Wawan saat dihubungi, Selasa (3/8/2021).

Wawan menjelaskan, banyak yang tidak lolos dikarenakan berbagai hal termasuk salah mengunggah dokumen seperti sertifikasi kampus. Selain itu, dia juga menemukan ada sejumlah pelamar yang mencoba menggunakan materai palsu atau hasil unduhan.

"Yang enggak lolos biasanya IPK, ada persyaratan 2,75. Kemudian, ada juga yang nakal, misalnya materainya itu ditempat cabut, tempel cabut. Mau ngirit mungkin," ucapnya.

"Ada beberapa tidak dominan, ada kasus materai yang hasil download juga," lanjutnya.

Selain itu, Wawan mengatakan, ada formasi yang kosong pada CPNS 2021. Formasi dokter spesialis sepi peminat. Bila melihat di laman BKPSDM.bandungkab.go.id, formasi dokter spesialis tersedia sebanyak 25 formasi.

"Ada dokter spesialis, kosong tidak ada pelamar. Tenaga kesehatan yang kosong di dokter spesialis," ungkap Wawan.

Kemudian, Wawan mengatakan pihaknya membuka masa sanggah kepada mereka pelamar yang tidak lolos tahap pendaftaran.

"Masa sanggah dikasih tanggal 4-6 Agustus bagi pelamar yang dinyatakan TMS (Tidak memenuhi syarat), tapi dia merasa memenuhi syarat. Nanti kita periksa lagi, betul enggak dia sudah memenuhi. Tapi kalau faktanya belum, sanggahan dia akan ditolak. Kalau benar maka akan diubah menjadi memenuhi syarat," ujarnya.

(mso/mso)