PPKM Kuningan Naik ke Level 4, Wabup: Bingung Penilaiannya dari Mana

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 13:26 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Kuningan -

Pemerintah resmi memperpanjang PPKM Level 4 mulai tanggal 3 hingga 9 Agustus 2021. Ada 12 daerah di Jawa-Bali yang naik ke level 4, termasuk salah satunya adalah Kabupaten Kuningan. Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda mengaku kebingungan soal masuknya Kuningan menjadi level 4 dari sebelumnya level 3.

"Kita juga bingung ya kenapa sampe level 4, ini penilaiannya dari mana? Padahal kita sudah melakukan upaya-upaya pencegahan dan lainnya, semua sudah kita lakukan lah," kata Ridho saat diwawancarai detikcom seusai meninjau vaksinasi anak di Hotel Purnama Kuningan, Selasa (3/8/2021).

Padahal, kata Ridho, kalau dilihat dari hasil penetapan zona yang dikeluarkan Pemprov Jabar, Kabupaten Kuningan turun dari zona merah ke zona orange. Seharusnya, ia menjelaskan, Kuningan tetap berada di level 3.

"Kalau dilihat hasil yang dikeluarkan provinsi, Kuningan turun ke zona orange dari merah. Jadi, kita juga bingung kok bisa ada di level 4, seharusnya ya tetap di level 3," ucapnya.

Meski begitu, dia menegaskan, Pemkab Kuningan akan tetap berupaya maksimal dalam penanggulangan COVID-19 dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan dengan harapan level Kuningan kembali turun. "Tapi apapun levelnya, tetap yang utama mematuhi protokol kesehatan. Kemudian upaya penanggulangan terus akan kita lakukan, jadi level 4 ini cuma lewat lah, nanti juga kembali ke level yang lebih rendah," tutur Ridho.

Meski telah ditetapkan naik ke level 4, namun sampai saat ini belum ada aturan atau surat edaran baru yang dibuat. "Sampai sejauh ini surat edaran belum ada yang terbaru masih pakai aturan yang lama," kata Ridho.

(bbn/bbn)