Wagub Jabar Sewa Helikopter Rp 600 Juta, Fraksi PKS: Usik Kecemburuan Publik

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 16:12 WIB
Wagub Jabar Sewa Helikopter
Situs sirup.lkpp.go.id menampilkan anggaran Pemprov Jabar soal sewa helikopter untuk wagub Jabar. (Foto: tangkapan layar website sirup.lkpp.go.id)

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat (Jabar) melakukan rencana pengadaan langsung sewa helikopter untuk mobilitas Wakil Gubernur Jabar sebanyak 8 paket per bulannya dari Februari hingga September 2021. Di tengah masa pandemi COVID-19 ini, pagu anggaran untuk masing-masing paket itu sebesar Rp 75 juta atau total Rp 600 juta.

Sebagaimana dilihat detikcom dari laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SIRUP LKPP) pada Senin (2/8/2021) pukul 12.00 WIB, ada 10 paket yang muncul bila dimasukkan kata 'sewa helikopter' dalam kotak pencarian.

Delapan dari 10 paket yang muncul di antaranya adalah paket Sewa Helikopter Mobilitas Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mulai dari Paket 1 hingga 8 dengan metode pengadaan langsung, yang dimulai dari Februari hingga September 2021.

Dalam tabel tersebut, tertera rencana pengadaan itu dilakukan Pemprov Jabar di bawah satuan kerja Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat, dengan lokasi rencana pengadaan paket di Kota Bandung, Jawa Barat. Situs tersebut bisa diakses oleh publik dengan mengakses laman https://sirup.lkpp.go.id/.


(yum/bbn)