Naik Helikopter, Ridwan Kamil Resmikan Jembatan Sukabumi-Cianjur

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 11:55 WIB
Ridwan Kamil naik helikopter saat resmikan jembatan penghubung Sukabumi dan Cianjur
Ridwan Kamil naik helikopter saat resmikan jembatan penghubung Sukabumi dan Cianjur (Foto: Syahdan Alamsyah)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jembatan Cibuni yang menjadi akses penghubung utama antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Pria yang akrab disapa Emil itu tiba di Sukabumi sekitar pukul 09.01 WIB, menggunakan Helikopter milik TNI AU jenis Eurocopter 120 Colibri. Informasi yang diperoleh detikcom, Emil bertolak dari Bandara Husein Sastranegara sekitar pukul 08.49 WIB.

"Heli milik TNI AU, perjalanan sekitar pukul 08.49 WIB, perjalanan antara 20 sampai 25 menit. Beliau menaiki helikopter Colibri Eurocopter 120," kata salah seorang petugas Air Trafic Control (ATC) dari pangkalan udara Atang Senjaya, Rabu (24/3/2021).

Helikopter mendarat dengan mulus di Lapangan Bola Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap. Tiba di lokasi Emil akan melanjutkan perjalanan menuju Jembatan Cibuni berjarak sekitar 3 kilometer dari lokasi tersebut.

"Beliau tiba di lapangan Cidadap disambut Bupati Sukabumi bapak Marwan Hamami dan jajaran serta Kapolres Sukabumi bapak AKBP Lukman Syarif. Setelah itu langsung bertolak ke Jembatan Cibuni untuk peresmian," kata Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri kepada detikcom.

Dijelaskan Herdy sederet agenda akan dijalani Gubernur Emil di Kabupaten Sukabumi, selain peresmian jembatan Emil juga direncanakan akan mengunjungi Pondok Pesantren di daerah Kecamatan Cidadap.

"Setelah itu, Pak Gubernur akan kembali menggunakan helikopter menuju ke Kampung Adat Ciptagelar di Kecamatan Cisolok, rencananya akan bermalam di sana sampai besok," jelas Herdy.

Pantauan detikcom, beberapa petugas gabungan TNI - Polri dan Satpol PP terlihat mengingatkan warga soal protokol kesehatan. Beberapa petugas juga terlihat membagikan masker untuk warga.

"Protokol kesehatan ketat, kami menghindari kerumunan warga. Petugas juga sigap mengingatkan karena memang antusias warga terkait peresmian jembatan ini cukup tinggi," pungkas Herdy.

Sebelumnya jembatan Cibuni sempat ditinjau oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Saat itu Marwan ingin memastikan kondisi jembatan yang dibangun menjelang akhir 2020 itu layak dilintasi.

Marwan mengatakan dengan adanya jembatan ini dapat meningkatkan ekonomi warga perbatasan. Maksudnya untuk angkutan hasil pertanian dan kepentingan warga lainnya.

"Hari ini saya bersama Kapolres Sukabumi melakukan telahan lapangan untuk memastikan kesiapan jembatan ini karena rencananya nanti akan diresmikan oleh Pak Gubernur Jabar. Saya lakukan evaluasi sebelum kegiatan tersebut," kata Marwan, Selasa (12/1/2021).

Lihat juga video saat 'Ridwan Kamil Tinjau Tanggul Jebol Sungai Citarum':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/mud)