Sssttt... Ada Anggaran Rp 600 Juta Sewa Helikopter untuk Wagub Jabar

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 13:52 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta tensi politik di Tasikmalaya mereda
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Bandung -

Pemprov Jabar melakukan rencana pengadaan langsung sewa helikopter untuk mobilitas Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum sebanyak 8 paket per bulannya dari Februari hingga September 2021. Di tengah masa pandemi COVID-19 ini, pagu anggaran untuk masing-masing paket itu sebesar Rp 75 juta atau total Rp 600 juta.

Sebagaimana dilihat detikcom dari laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SIRUP LKPP), Senin (2/8/2021) pukul 12.00 WIB, ada 10 paket yang muncul bila dimasukkan kata 'sewa helikopter' dalam kotak pencarian.

Delapan dari 10 paket yang muncul di antaranya adalah paket Sewa Helikopter Mobilitas Wakil Gubernur mulai dari Paket 1 hingga 8 dengan metode pengadaan langsung, yang dimulai dari bulan Februari hingga September.

Dalam tabel tersebut, tertera rencana pengadaan itu dilakukan Pemprov Jabar di bawah satuan kerja Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat, dengan lokasi rencana pengadaan paket di Kota Bandung, Jawa Barat. Situs tersebut bisa diakses oleh publik dengan mengakses laman https://sirup.lkpp.go.id/.

Wagub Jabar Sewa HelikopterSitus sirup.lkpp.go.id menampilkan anggaran Pemprov Jabar soal sewa helikopter untuk wagub Jabar. (Foto: tangkapan layar website sirup.lkpp.go.id)

Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Barat Abdy Yuhana mengaku baru mengetahui, ada rencana pengadaan untuk sewa helikopter. Pihaknya pun akan melakukan tindak lanjut dengan mengklarifikasi sejumlah pihak terkait rencana tersebut.

"Ya pasti dimintakan klarifikasi terkait anggaran tersebut, apakah anggaran heli itu sudah menjadi kebutuhan? Atau apakah anggaran tersebut digunakan?" ujar Abdy saat dikonfirmasi detikcom.

Sementara itu, Pjs Kabiro Administrasi Pimpinan Setda Jabar Hermansyah belum memberikan keterangan saat dikonfirmasi detikcom.

Bila mengacu kepada sejumlah pemberitaan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun kerap menggunakan helikopter untuk agenda kedinasan. Pada 2018, Emil menggunakan helikopter saat meninjau lokasi bencana angin puting beliung di Bogor, kemudian dia meninjau lokasi banjir di Bogor dan Bekasi pada 2020. Kemudian meninjau persiapan AKB di Pangandaran pada 2020 dan terakhir saat meresmikan jembatan di Sukabumi pada 2021.

Sedangkan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum pernah mengunggah foto berlatar belakang satu unit helikopter. Dia berpose bersama sang istri. Foto itu diunggah Uu via akun Instragram-nya @ruzhanul.

Lihat juga Video: Sri Mulyani ke Pemda: Pencairan Lambat Kita Intersep!

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)