Truk Rem Blong Tabrak Mobil-Pejalan Kaki di Puncak, Satu Orang Tewas

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 12:46 WIB
Truk bermuatan keramik terguling di jalur puncak Cianjur
Foto: Truk bermuatan keramik terguling di jalur puncak Cianjur (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Truk bermuatan keramik tabrak dua mobil dan seorang warga di Jalur Puncak Desa Ciloto Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (2/8). Akibatnya satu orang tewas dan tiga kendaraan rusak parah.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan maut terjadi pada Senin (2/8/2021) pagi. Kecelakaan berawal ketika truk bermuatan keramik bernomor polisi B 9637 NDA melaju dari arah Bogor menuju Cipanas. Namun di kawasan Desa Ciloto, Kampung Ciloto, diduga truk tersebut mengalami rem blong dan tidak kuat menahan beban muatan.

Akibatnya truk tersebut menabrak dua kendaraan di depannya dan seorang pejalan kaki sebelum akhirnya terguling.

"Truk memang melaju dengan kecepatan tinggi. Saat di jalur menurun truk diduga mengalami remblong sehingga menabrak sepeda motor dan mobil yang ada di depannya, serta seorang warga," ujar Kepala Desa Ciloto Marwan, Senin (2/8/2021).

Menurutnya kecelakaan tersebut mengakibatkan warga yang tertabrak tewas seketika di lokasi kejadian. Sedangkan sopir dan kernet truk, serta pengendara lain yang terlibat kecelakaan hanya mengamai luka ringan.

"Meninggal satu orang, warga yang tertabrak. Kalau sopir kendaraan semua selamat, hanya mengalami luka. Untuk kendaraannya rusak parah," kata dia.

"Korban luka langsung dibawa ke RSUD Cimacan," tambah dia.

Kecelakaan tersebut juga sempat mengakibatkan kemacetan dari arah Cianjur menuju Puncak ataupun sebaliknya. Evakuasi kendaraan yang memakan waktu cukup lama membuat petugas kepolisian berusaha mengatur lalulintas hingga dilakukan sistem buka tutup jalur.

Truk yang terguling berhasil dievakuasi sekitar pukul 11.00 WIB dan diamankan polisi.

(mso/mso)