2 Kejadian Heboh di Langit Bandung: Suara Gemuruh-Objek Terbang Misterius

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 10:01 WIB
Bandung -

Dua peristiwa heboh terjadi di Kota Bandung dalam sepekan terakhir ini. Mulai dari suara gemuruh yang terdengar di langit hingga penampakan objek terbang asing yang berkelap-kelip.

Suara gemuruh yang terdengar di sebagian wilayah Kota Bandung sempat membuat heboh warga. Dalam catatan detikcom, suara keras yang muncul dengan durasi 10-20 menit itu terdengar tiga kali dari sepanjang tahun ini.

Terakhir suara gemuruh juga terdengar oleh warga pada Senin, 26 Juli 2021 pukul 22.10 WIB. Suara mirip deru mesin besar itu terdengar cukup kencang di heningnya malam.

BMKG Bandung pun sempat melakukan pengecekan secara ilmiah, tetapi dari hasil penelusuran tidak ada tanda-tanda yang mengarah kepada fenomena alam baik di bumi atau udara.

Teka-teki akhirnya terkuak, rupanya suara tersebut berasal dari aktivitas pemeliharaan pesawat di Lanud Husein Sastranegara. Pasalnya, suara gemuruh itu memang hanya terdengar di kecamatan yang berbatasan langsung dengan lanud, yakni di Sukasari, Cicendo dan Sukajadi.

Pihak TNI AU membenarkan soal aktivitas pemeliharaan pesawat di lokasi tersebut. "Kemarin, jam sembilan malam itu, ada pemeliharaan. Ada engine running di Sathar 15," ucap Kapen Koharmatau Lanud Husein Sastranegara Mayor Ari Priyandoko saat dikonfirmasi.

Namun pihaknya menyangsikan suara pemeliharaan pesawat terdengar keras, bahkan hingga ke kawasan Sarijadi dan Sukajadi. Biasanya, menurut Ari, saat pemeliharaan pesawat itu suaranya hanya terdengar di sekitar area Lanud Husein.