Bupati Bogor Fokus Kejar Target Vaksinasi 1,2 Jiwa pada Agustus 2021

M Solihin - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 16:48 WIB
medical
(Foto: Getty Images/iStockphoto/show999)
Bogor -

Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin menyebut sebanyak 740.803 warganya sudah divaksinasi. Pihaknya menargetkan 1,2 juta warganya bisa divaksinasi pada Agustus tahun ini.

"Sampai 29 Juli 2021 sudah ada 740.803 jiwa sudah divaksinasi di Kabupaten Bogor. Saat ini, kita sedang fokus pada pencapaian target minimal 20% dari jumlah penduduk pada awal Agustus sudah divaksin," kata Ade Yasin dalam keterangannya, Jum'at (29/7/2021).

Untuk mencapai target vaksinasi, kata Ade, pihaknya menginstruksikan kepada 40 camat untuk terus berkoordinasi dengan stockholder dan meningkatkan sasaran vaksinasi.

"Program vaksin massal di tingkat kecamatan yang telah berjalan selama ini setiap hari Senin dan Rabu dengan jumlah minimal 2.000 per kegiatan atau 4.000 per minggu sangat efektif menambah jumlah sasaran," bebernya.

"Camat harus berkoordinasi dengan Koramil dan Polsek untuk membantu mobilisasi masyarakat untuk divaksin. Koordinasi dengan MUI, KUA, tokoh masyarakat agar membantu menyosialisasikan kepada masyarakat soal pentingnya vaksinasi," imbuhnya.

Ade Yasin mengatakan, Bed Occupancy Rate (BOR), tempat tidur isolasi dan ICU sempat mencapai 90 persen. Namun per Kamis 29 Juli 2021 jam 12.00 WIB, keterisian BOR menurun di angka 70,54 persen untuk tempat tidur dan 82,50% untuk ICU.

"Kabar ini tentunya menggembirakan yang terus kita pertahankan, agar target kita minimal menurunkan satu level di awal Agustus bisa tercapai," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin menargetkan sebanyak 1,2 juta orang atau sekitar 20 persen jumlah warga Kabupaten Bogor menerima vaksin COVID-19 hingga akhir tahun ini.

"Pak Gubernur Ridwan Kamil bilang di sini (Kabupaten Bogor) tuh (jumlah penduduknya) sama dengan satu provinsi, ke Pak Jokowi. Saya bilang betul itu Pak, di sini penduduknya padat. Target berapa? Saya jawab targetnya 20 persen, jadi sekitar 1,2 juta lah," kata Ade Yasin, sapaan akrab Bupati Bogor, usai mendampingi Presiden Jokowi meninjau langsung vaksinasi di Stadion Pakansari, Cibinong Bogor, Kamis (17/6/2021).

Meski demikian, lanjut Ade Yasin, target tersebut bergantung pada dukungan Kementerian Kesehatan terkait ketersediaan vaksin.

"Target akhir tahun ya mencapai 1 jutaan orang yang divaksin, tetapi kita kan tergantung dari kebaikan pusat juga, apakah mau membantu vaksin atau tidak, dengan jumlah yang lebih banyak dari wilayah lain. Karena kita itu tidak bisa disamaratakan dengan daerah lain, seperti Kota Bogor kan (penduduknya) cuma 1 juta lebih, kita sudah beban kita lebih banyak," ucap Ade Yasin.

Simak juga video 'Selain Moderna, Sinovac Juga Jadi Vaksin Booster untuk Nakes':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)