Hengky Kurniawan Tegaskan Tak Dilibatkan Perencanaan Bansos COVID KBB

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 11:37 WIB
Hengky Kurniawan punya pesan untuk penerima vaksinasi COVID-19 di Bandung Barat
Hengky Kurniawan (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat -

Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan diperiksa KPK terkait korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19. Hengky menegaskan tak dilibatkan dalam perencanaan.

Hengky diketahui menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam perkara yang menyeret nama Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara Sutisna di Kantor KPK Jalan Kuningan Persada Kavling 4, Jakarta, Selasa (27/7/2021) kemarin.

"Materi pemeriksaan di KPK kemarin saya sampaikan apa adanya, normatif. Memang faktanya seperti program di 2020 termasuk penyusunan APBD dan Bansos COVID-19, saya kan tidak dilibatkan," ungkap Hengky saat dihubungi detikcom, Jumat (30/7/2021).

Hengky juga menyebut jika penyidik KPK menanyakan perannya sebagai Wakil Bupati Bandung Barat dalam penanganan COVID-19 pada tahun 2020 hingga 2021 dan peran lainnya dalam menjalankan roda pemerintahan di Bandung Barat.

"Kalau saya bicara apa adanya. Jadi silakan dicek ke OPD dan notulen rapat pernah enggak dalam 2,5 tahun saya dengan bupati duduk bareng membahas misalnya APBD mau dibawa kemana, program seperti apa. 2020 itu saya sempat statement APBD itu pro rakyat jangan pro keluarga, ya memang itu yang saya sampaikan karena memang tidak dilibatkan jadi tidak tahu seperti apa," jelas Hengky.

Selama menjadi tandem dari Aa Umbara, Hengky mengklaim lebih banyak berkutat dengan kegiatan dan program pribadinya. Meskipun sesekali kerap menggantikan peran Aa Umbara sebagai pimpinan rapat paripurna.

"Saya bicara apa adanya. Kegiatan yang dijalankan sebelumnya itu paling mewakili saat paripurna, ya saya wakili. Selebihnya kegiatan non pemerintahan. Bahkan kegiatan warga yang paling sering," tegas Hengky.

"Lalu beberapa kali acara rotasi mutasi kan saya tidak diundang, teman-teman media juga pasti tahu. Saya rasa dinamika antara bupati dan wakil bupati di setiap daerah hampir sama," kata Hengky menambahkan.

Hengky mengaku selama 2,5 tahun tak diberi peran apapun oleh Aa Umbara, ia tak terlalu merajuk dan membuatnya jadi masalah besar. Ia menerima kebijakan yang diambil Aa Umbara.

"Artinya kan bagaimana atasan atau partner saya. Kalau memang dilibatkan, dengan senang hati. Tapi kalau di rapat tak dilibatkan ya mau bagaimana lagi," jelas Hengky.

Hengky mengatakan ia akan bersikap kooperatif terhadap proses penyidikan kasus korupsi yang hingga saat ini masih dilakukan oleh penyidik KPK termasuk pemeriksaan terhadap dirinya.

"Di panggilan pertama kemarin pun saya hadir dan pastinya akan kooperatif ke depannya," pungkas Hengky.

Tonton Video: Korupsi Bansos, Aa Umbara dan Anaknya Ditahan di Rutan Berbeda

[Gambas:Video 20detik]




(mud/mud)