Pemkab Ciamis Targetkan 118 Ribu Anak Divaksinasi COVID-19

Dadan Hermansyah - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 13:41 WIB
Vaksinasi COVID-19 untuk anak di Ciamis.
Foto: Vaksinasi COVID-19 untuk anak di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Pemkab Ciamis melakukan kick off vaksinasi anak secara serentak. Secara simbolis, vaksinasi anak dilaksanakan di halaman parkir RSOP Ciamis, kepada 60 anak SMP, Rabu (28/7/2021). Target vaksinasi anak di Ciamis sebanyak 118 ribu orang.

"Hari ini kami mulai melaksanakan vaksinasi untuk anak. Selanjutnya, kami akan jemput bola melakukan vaksinasi dengan memanfaatkan sekolah, pesantren dan tempat representatif lainnya. Target 118 ribu anak," ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Untuk menyukseskan vaksinasi anak ini, Pemkab Ciamis akan berkerja sama dengan TNI-Polri, perguruan tinggi dan komponen lainnya. Setiap hari terus melaksanakan vaksinasi baik terhadap anak dan masyarakat.

"Intinya Ciamis siap menciptakan generasi emas yang punya akhlak mulai. Anak Ciamis yang sehat dan mampu berkembang serta berdaya saing tinggi," ucapnya.

Herdiat mengaku saat ini persentase vaksinasi Ciamis masih sangat rendah diangka 10,47 persen. Meski demikian, pihaknya bangga dengan respons masyarakat Ciamis yang sangat siap untuk divaksinasi.

"Semangat masyarakat vaksinasi tinggi, hanya saja droping vaksin yang telat. Semoga droping vaksin ke depan lebih cepat sehingga mempercepat vaksinasi," katanya.

Pemkab Ciamis siap mempercepat vaksinasi. Saat ini beberapa pihak seperti universitas dan akademi kesehatan telah menyiapkan relawan vaksinator dan tenaga lainnya. Sehingga target selesai di bulan Desember 2021 bisa tercapai.

"Seperi STIKES Muhamadiyah menyiapkan 200 vaksinator dan Universitas Galuh, di samping tenaga medis," ungkapnya.

Sebelumnya, Kodim 0613 Ciamis pun telah melakukan vaksinasi anak secara massal 2 kali. Pertama di Makodim Ciamis kedua di Pesantren Al Hasan Ciamis.

(mso/mso)