Minus Serang, Ini Tempat Isoman di Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 18:36 WIB
Sultan Ingin Jogja Lockdown, Ini Kondisi Kasus Corona di Jogja
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Serang -

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Banten, saat ini ada 22.368 kasus konfirmasi positif yang dirawat dan isolasi mandiri (isoman). Total ada 12 tempat isoman yang tersebar di seluruh daerah, kecuali di ibu kota Banten yaitu di Kota Serang. Serang menjadi satu-satunya daerah yang tidak menyediakan tempat isolasi saat masa PPKM Darurat hingga PPKM Level-4.

Kota Tangerang jadi yang paling banyak menyediakan tempat isolasi mandiri hingga 7 tempat. Daerah ini memang menerapkan PPKM Level-4 dan ada di zona merah.

Pemkot Tangerang menyediakan tempat isolasi dengan sebutan rumah isolasi terkonsentrasi. Lokasinya ada di Puskesmas Panunggangan Barat ada 44 tempat tidur, Jurumudi Baru 70 tempat tidur, Sudimara Pinang 48 tempat tidur, Manis Jaya 40 tempat tidur, Batusari 59 tempat tidur, Gebang Raya 28 tempat tidur, dan di Dinsos 38 tempat tidur.

Kemudian, Kabupaten Tangerang ada 180 tempat tidur yang terkonsentrasi di Hotel Yasmin. Kabupaten Pandeglang ada di PKPRI Majasri dengan kapasitas 28 tempat tidur, Tangsel di Kawasan Pertanian Terpadu dengan 300 tempat tidur, Cilegon di Hotel Trans dengan kapasitas 41 tempat tidur dan Kabupaten Lebak di Gedung RSI H Madali dengan kapasitas 30 tempat tidur.

Hanya Kota Serang dan Kabupaten Serang berdasarkan informasi akun Satgas COVID-19 Banten itu yang tidak menyediakan tempat isolasi mandiri. Bagi pasien yang isolasi dan membutuhkan tempat isolasi di daerah-daerah itu bisa menghubungi call center Dinkes Provinsi Banten di nomor 085215779659.

Pemprov Banten rencananya memang mau menyediakan tempat isolasi di Rusun Margaluyu, Kasemen, Kota Serang. Rusun itu disediakan untuk pasien dari Kabupaten Serang dan Kota Serang. Tapi, hingga kini rencana itu belum terwujud. Padahal lonjakan kasus masih saja terjadi dan PPKM Darurat pun berganti ke PPKM Level 4.

"Seperti nanti Kabupaten Serang dan Kota Serang (tempat isolasi) di rusun (di Margaluyu Kecamatan Kasemen), nanti dari kebutuhannya mereka ada yang bisa difasilitasi pemprov," kata Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti.

(bri/bbn)