Terungkap! Ini Sumber Suara Misterius di Langit Bandung

Dony Indra Ramadhan, Yudha - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 16:03 WIB
Bandung -

Misteri suara gemuruh yang sempat membuat heboh warga Bandung mulai terungkap. Rupanya, suara yang kembali terdengar pada Senin (26/7) malam itu berasal dari aktivitas pemeliharaan pesawat di Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Hal itu diungkapkan Executive General Manager Bandara Husein R Iwan Winaya Mahdar. "Ada maintenance pesawat di bandara," ujar Iwan singkat saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (27/7/2021).

Suara gemuruh itu memang hanya terdengar di kecamatan yang berbatasan langsung dengan bandara, yakni di Sukasari, Cicendo dan Sukajadi. Selain itu, pihak TNI AU membenarkan soal aktivitas pemeliharaan pesawat di lokasi tersebut.

"Kemarin, jam sembilan malam itu, ada pemeliharaan. Ada engine running di Sathar 15," ucap Kapen Kahormatau Lanud Husein Sastranegara Mayor Ari Priyandoko saat dikonfirmasi.

Namun pihaknya menyangsikan suara pemeliharaan pesawat terdengar keras, bahkan hingga ke kawasan Sarijadi dan Sukajadi. Biasanya, menurut Ari, saat pemeliharaan pesawat itu suaranya hanya terdengar di sekitar area Lanud Husein.

Sebelumnya, salah satu warganet membagikan video suara gemuruh yang terdengar di langit Sarijadi dan Sukasari pada Senin (26/7) malam. "Akhir2 ini sering terdengar suara gt, dan durasi nya cukup lama. Duka atuh suara naon eta (tidak tahu suara apa itu)," tulis pemilik akun @an********

detikcom juga sempat mendengarkan suara tersebut saat berada di Pasteur, kejadian itu terjadi sekitar pukul 22.10 WIB dan berakhir pada pukul 22.30 WIB. Sekilas suara tersebut mirip dengan suara deru mesin besar atau suara dari benda buatan manusia lainnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung telah menelusuri suara gemuruh misterius yang kembali terdengar di Bandung. Dari hasil penelusuran ilmiah tidak ada tanda-tanda yang mengarah kepada fenomena alam.

"Berdasarkan rekaman seismograph, sekitar pukul 23.13 WIB tidak ada aktivitas gempa bumi di wilayah Bandung Raya," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu saat dikonfirmasi, Selasa (27/7/2021).

BMKG pun mengecek ada tidaknya suara petir pada waktu yang sama. Berdasarkan pengecekan, tidak ada aktivitas petir di jam yang sama.

"Berdasarkan monitoring lightning detector sekitar Pukul 23.13 WIB tersebut tidak terdeteksi aktivitas petir," tuturnya.

Begitu juga saat dicek dari data kemagnetan di wilayah Sarijadi. Teguh mengatakan sejauh ini sejak malam hingga pagi tak terjadi gangguan yang signifikan.

"Berdasarkan informasi dari pusdalops BPBD Jawa Barat, sampai saat ini tidak ada informasi ataupun laporan dari masyarakat yang terdampak terkait suara gemuruh tersebut," kata Teguh.

(yum/bbn)